Terima Kunjungan Komisi I DPRD Provinsi Riau, Camat Kandis Beberkan Kesiapan Upika Hadapi Covid 19

Rabu, 08 April 2020 - 14:08:36 WIB
Share Tweet Google +



SIAK - Bertempat di Gedung Sri Mayang Telaga Samsam atau Gedung Kecamatan Kandis pada Rabu, (08/04/'20), Camat Kandis bersama Lurah dan Penghulu se Kecamatan Kandis menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Provinsi Riau yang membidangi Kepemerintahan. Rombongan Komisi I DPRD Riau itu sendiri terlihat dihadiri oleh Ade Agus Hartanto S SOS selaku Komisi I dan Anggota Komisi. Kehadiran rombongan Anggota DPRD Komisi I itu sendiri bertujuan untuk memantau dan mendengarkan secara langsung penanganan akan Pemerintahan Kecamatan Kandis menyikapi pandemi covid 19.

 

Dihadapan para Anggota DPRD Provinsi itu, secara gamblang Said Irwan SE selaku Camat Kandis mengutarakan akan upaya yang telah dilakukan termasuk pembangunan posko tanggap darurat Covid 19 di Puskesmas Kandis yang juga dilanjutkan dengan pendirian posko-posko disetiap pintu masuk setiap Kampung,
"Ada beberapa Kampung yang juga telah mendirikan posko tanggap corona seperti yang ada di Kampung Libo Jaya. Sedangkan Kelurahan dan Kampung lain yang tidak bisa mendirikan posko dikarenakan terhalang akses nasional seperti Kelurahan Kandis Kota, Kelurahan Telaga Samsam atau Kelurahan Simpang Belutu telah mendirikan Box Sterilisasi," ungkap Said Irwan.

 

Untuk penyemprotan disinfektan secara massal dan menyebar keseluruh pelosok wilayah Kecamatan Kandis termasuk kerumah ibadah dan pemukiman penduduk yang telah dilakukan termasuk himbauan oleh pemerintahan turut disampaikan oleh Camat Kandis pada rombongan DPRD Provinsi tersebut dimana untuk hal tersebut turut melibatkan TNI dan Polri.

 

Bertindak selaku perwakilan Lurah dan Penghulu se Kecamatan Kandis, Eka Indrawan Sinaga Amd menuturkan bahwa hingga saat ini untuk Kecamatan Kandis belum ada yang berstatus akan positif Covid 19,
"Untuk wilayah Kecamatan Kandis sendiri hingga saat ini baru masih berstatus PDP dan setelah melalui proses pemeriksaan beberapa waktu lalu ternyata hasilnya negatif akan covid 19 hanya memang setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan ada indikasi TBC pada pasien tersebut," sebut Eka.

 

dr Aulia Kalista sendiri selaku Kepala Puskesmas sempat mengeluhkan akan minimnya APD,
"Untuk masker sendiri, kami selaku petugas kesehatan telah menggunakan Masker kain yang kami dapatkan dari relawan. Insya Allah dalam waktu dekat ini, untuk Masker sendiri akan kami serahterimakan pada Upika. Sedangkan untuk APD lainnya kami sangat minim," tutur Aulia.

 

Ade Agus Hartanto S SOS sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau usai menerima laporan juga tanggapan dari Upika saat itu menegaskan bahwasanya sebelumnya sudah menerima laporan akan penyaluran APD,
"Saat dihubungi via phone pada Gubernur Riau dilaporkan bahwasanya sudah ada penyaluran APD namun apakah APD juga turut disalurkan pada Puskesmas belum dapat dipastikan. Untuk kesiapan dan kesigapan pemerintah Kecamatan Kandis layak saya acungi jempol menyikapi pandemi covid 19 ini, semoga dengan kesigapan ini dapat menolak kehadiran corona di Kandis khususnya," ujar Ade.

 

Rasa puas akan kesiapan Upika Kandis dalam menyikapi pandemi covid 19 ini berawal dari adanya tempat cuci tangan yang disediakan oleh Gedung Kecamatan Kandis didepan pintu masuk, sebelum membubarkan diri, para rombongan menyempatkan diri untuk berfoto bersama didepan gedung Kecamatan.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex