Tim BKSDA Riau evakuasi Harimau Sumatra yang terjerat dilokasi HTI PT RAPP Teluk Meranti Senin 30 Maret 2020

Seekor Harimau Sumatra Terjerat di Lokasi HTI RAPP Teluk Meranti

Selasa, 31 Maret 2020 - 05:31:42 WIB
Share Tweet Google +



PEALAWAN, CATATANRIAU.COM. Se ekor Harimau Sumatera terjerat tali jebakan, di area konsesi hutan tanaman industri (HTI) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.  Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau pun mengevakuasi harimau yang diperkirakan sudah terjerat selama 3 hari tersebut.

 


"Dari Hasil pantauan tim medis, Harimau Sumatera tadi mengalami luka cukup parah di kaki kanan depan," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, Senin (30/03/2020).

 


Suharyono mengatakan, pihaknya mendapat laporan itu dari menajemen PT RAPP pada Sabtu sore (28/03/2020). Tim yang terdiri dari anggota lapangan serta anggota angkut kandang langsung bergerak ke lokasi.  Jarak ke lokasi cukup jauh sehingga tim baru bisa membebaskan harimau pada Minggu (29/03/2020). 

 


Tim bergerak ke sana melewati jalan darat sekitar 60 kilometer. Lantaran kendaran sulit masuk ke lokasi, maka itu tim memutuskan berjalan kaki sekitar 30 menit. Sesampai di lokasi tim langsung melakukan pembiusan dan melakukan evakuasi terhadap harimau tersebut.

 


"Lukanya memang cukup parah akibat tali jeratan itu. Harimau ini berjenis kelamin betina berusia 3-5 tahun dan panjang mencapai 170 Cm," katanya.

 


Akibat luka yang serius, petugas memutuskan untuk merawat dan mengobservasi ke PRHSD di Dalmasraya Sumbar.
"Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak BKSDA Sumbar untuk proses serah terima satwa tersebut, dan direncanakan akan bertemu di perbatasan Riau-Sumbar," tutupnya.

 


Sementara itu pihak PT RAPP melalui Humas Budhi Firmansyah membenarkan  adanya seekor  Harimau Sumatra terjerat  dilokasi HTI PT RAPP.  Tim Departemen Lingkungan dan Konservasi (Conservation and Environment Department) PT RAPP telah melaporkan penemuan seekor Harimau Sumatera yang terjerat di sempadan sungai Sangar kepada BKSDA. Harimau awalnya terlihat pekerja pada
 Sabtu (28/3/2020).

 

Harimau Sumatera yang Terjerat di Konsesi HTI PT RAPP dilaporkan kepada  Petugas BBKSDA Riau . Tim lingkungan dan konservasi, RAPP selanjutnya berkordinasi bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau  untuk mempersiapkan rencana penanganan dan evakuasi Harimau Sumatera dilapangan. (EP)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex