Drs Yusmar MSi Laporkan Penanganan Covid-19 di Rokan Hulu

Senin, 30 Maret 2020 - 18:58:38 WIB
Share Tweet Google +


ROKAN HULU (catatanriau.com) -  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu Riau Drs.Yusmar,M.Si, melaporkan tentang penanganan dan perkembangan terkini masalah virus Covid-19 yang berkembang di wilayah Rokan Hulu kepada Bupati dan Sekretaris Daerah kabupaten Rokan hulu. Senin (30/03/2020).

 

Perkembangan dan  penjelasan ini juga disampaikan kepada ketua DPRD Rokan Hulu dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu

serta Direktur RSUD Rokan Hulu.

 

Dalam laporannya, Drs.Yusmar M.Si, juru bicara covid-19 yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini menerangkan, bahwa data ini berdasarkan rekapan surveilens penanganan Covid 19 Corona RSUD Rokan Hulu.

 

Lanjutnya, data ini berasal dari laporan  data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan, para kepala Puskesmas se Rokan Hulu. "Kemudian dilaksanakan rekapan di RSUD oleh Diskes," katanya.

 

Berikut penjelasan juru bicara penanganan perkembangan Covid 19 CoronaKabupaten Rokan Hulu

 

Hari/Tanggal : Senen / 30/03/2020 Pukul  : 15.12 WIB.

    

Orang dalam pemantauan, (ODP)

warga yang kembali dari luar Rokan Hulu, atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu dari daerah yang sudah terinveksi Covid 19 dengan jumlah Total  1.280 orang, 

dengan rincian per kecamamatan sebagai berikut.

 

Pasien dalam pengawasan

(PDP) = 5 orang, masih menunggu hasil selama 14 hari.  Pasien 1 orang sudah diambil 2 x sampel, 4 orang lagi 1x sampel,  Pasien  di rawat 4 orang di RSUD Rokan Hulu dan 1 orang di Awal Bros Ujung Batu.,untuk warga yang dinyatakan Positif  tidak ada atau nihil, imbuhnya.

 

Tambahnya lagi, terjadinya kenaikan ODP dari tanggal (29/03) sebanyak 1.044 menjadi   sebanyak 1.280 pada tanggal (30/03) atau mengalami penambahan 226 orang, diperkirakan masih disebabkan oleh pulang kampungnya siswa dan mahasiswa akibat sekolah dan kuliah di alihkan ke rumah, sejak beberapa waktu yang lalu, ungkapnya.

 

Kemudian di tambah dengan warga biasa yang bekerja tidak tetap di luar daerah kembali ke Rokan Hulu, selanjutnya para keluarga dan famili yang berkunjung ke tempat keluarga nya yang ada di Rokan Hulu, termasuk proses pernikahan antara warga Rokan Hulu dengan daerah lain yang telah terinveksi Covid 19. 

 

Masih dengan Juru Bicara covid-19, Informasi tambahan, karyawan perusahaan swasta berdasarkan informasi masyarakat yang keluar masuk Rokan Hulu dan warga dari daerah Lain.

 

Data ini bertambah di karenakan semakin aktifnya Tim Gugus Tugas Pemda Rohul sampai ke Desa dan kampung, serta partisipasi masyarakat. Sehingga petugas tempat melapor aktif dan jelas, karena poskonya tersedia. Ditambah kesadaran masyarakat untuk melaporkan  apa bila ada warga baru kepada  petugas yang ada.

 

 

Drs.Yusmar M.Si yang akrab dengan para awak media ini juga secara rinci menjelaskan terkait penanganan covid-19  diuraikan lewat peta agar bisa diketahui secara jelas oleh masyarakat luas, tutupnya mengakhiri.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex