Serka R Girsang Lakukan Pengecekan Dan Pendapatan Warga Terdampak Banjir Di Muara Bungkal

Rabu, 17 Januari 2024 - 11:31:46 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Serka R.Girsang Babinsa Koramil 03/Minas melakukan pengecekkan ataupun monitoring serta melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak banjir di RT 01/RK 03 Dusun Ponti samak (Lipai), Kampung Muara Bungkal, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (17/01/2024).

"Tingginya curah hujan beberapa hari belakangan ini mengakibatkan luapan air dari Sungai Lipai hingga berdampak ke jalan dan beberapa pemukiman penduduk dan lahan pertanian berdampak juga terhadap akses kejalan kampung," kata Serka Risman Girsang.

Untuk ketinggian air sendiri kata dia, saat ini masih tidak merata  ± 30-75 cm  yang mengakibatkan terhentinya akses jalan menuju kampung dan terendamnya  ± 90 KK rumah warga di Kampung Muara Bungkal tersebut.

"Debit air sampai saat ini belum surut dikarenakan cuaca tadi malam, siang hari ini cuaca mendung, akibatnya masyarakat tidak bisa bekerja di lahan pertanian seperti biasanya di areal yang terdampak banjir dan masyarakat memilih tinggal ditenda pengungsian sebanyak lebih kurang 85 kk," katanya.

Upaya-upaya yang dilakukan dalam penanganan banjir ini lanjut Babinsa, pihaknya melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir serta mendata lahan pertanian masyarakat yang terdampak banjir ± 90 hektar.

"Kita jugaengkoordinasikan denga Aparat Desa tentang upaya penanggulangan banjir saat ini, kemudian melaksanakan patroli serta memonitor wilayah-wilayah Dusun lain yang rawan dampak banjir, selain itu kita juga melaksanakan sosialisasi agar warga selalu antisipasi dan waspada apabila terjadi banjir susulan," imbuhnya.***

Laporan : Idris Harahap 

 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex