Babinsa Koramil 03/Minas Terus Pantau Perkembangan Bencana Banjir Di Kampung Muara Kelantan

Kamis, 11 Januari 2024 - 12:46:48 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Serda Holmes Pasaribu Babinsa Koramil 03/Minas kembali melaksanakan pengecekan dan pendataan terhadap warga binaan yang terdampak banjir di di RT 09/RK 05 dan RT 10/ RK 05 Dusun Tanah Bagus, Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (11/01/2024) sekira pukul 11.00 WIB.

Untuk saat ini kata Serda Holmes Pasaribu, ketinggian air masih tidak merata lebih kurang 10 cm sampai dengan 40 cm. Hal ini kata dia, mengakibatkan terganggunya aktivitas warga dan terendamnya kurang lebih 104 KK rumah warga di Kampung tersebut.

"Kondisi terakhir pada hari ke 11 ini, debit air di RT 09/RK 05 khususnya areal persawahan semakin naik lebih kurang 10 cm, sementara debit air di RT 10/RK 05 juga semakin naik sekitar 10 cm, hal ini dikarenakan hujan lebat semalam," kata dia.

Serda Holmes Pasaribu juga menjelaskan, saat ini masyarakat masih belum bisa bekerja di lahan pertanian seperti biasanya, khususnya di areal yang terdampak banjir dan warga memilih tetap tinggal di rumah masing masing.

"Ada juga masyarakat yang mengungsi di tenda pengungsian yang disediakan oleh BPBD Siak dan rumah warga yang tidak terkena banjir," katanya.
 

Sementara itu lanjut dia, cuaca sekitar masih terpantau mendung. Adapun upaya-upaya yang dilakukan dalam penanganan banjir ini terangnya, diantaranya, seperti melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir, mendata lahan pertanian masyarakat yang terdampak banjir kurang lebih 270 hektar.

"Kita juga mengkoordinasikan denga aparat desa tentang upaya penanggulangan banjir saat ini. Serta, melaksanakan patroli dan memonitor wilayah-wilayah  lain yang rawan dampak banjir. Selain itu, kita juga selalu mengingatkan warga agar antisipasi dan waspada apabila terjadi banjir susulan," tutupnya.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex