KPU Rokan Hilir Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Selasa, 09 Januari 2024 - 17:58:42 WIB
Share Tweet Google +

Rohil, Catatanriau.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir memulai proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Rokan Hilir Jl. Mulirejo, Bagan Punak Meranti, Bagansiapiapi.. Dalam proses ini, KPU melibatkan 256 masyarakat sebagai petugas sortir.

Ketua KPU Kabupaten Rokan Hilir Supriyanto mengatakan, setelah menerima kedatangan 2 kontainer surat suara DPR RI sebanyak 895 box, DRPD Provinsi sebanyak 895 box, dan DPD sebanyak 364 box maka dimulai kegiatan pembongkaran, penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Untuk proses penyortiran dan pelipatan suara kita mulai semalam di tanggal 8 Januari 2024, setelah kita bongkar pada tanggal 6 malam dan dilanjutkan pada tanggal 7 pagi,” katanya.

Saat ini masih berlangsung penyortiran dan pelipatan surat suara DPR RI yang berjumlah 447.119 lembar dan pada hari kedua ditemukan sebanyak 72 lembar surat suara yang tidak layak. 

“Ini merupakan hari kedua, proses sortir itu kita cek surat suara yang tidak bisa digunakan misalnya sobek, ada bercak tinta yang menutupi nomor, nama dan lambang partai,” ujarnya.

KPU Kabupaten Rokan Hilir menargetkan kegiatan penyortiran dan pelipatan ini dapat rampung dalam waktu 5 hari yang dilaksanakan mulai pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Lebih lanjut Supriyanto juga menambahkan, untuk aturan petugas sortir, tidak diperkenankan membawa makanan, minuman serta handphone saat berada di lokasi pelipatan surat suara yang harus steril sesuai dengan SOP.***

Laporan : Tiyna



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex