Polres Kuansing Hadiri Rapat Evaluasi Penyelesain dan Penanggulangan Bencana Banjir di Wilayah Kabupaten Kuansing

Senin, 08 Januari 2024 - 15:51:34 WIB
Share Tweet Google +

Kuansing, Catatanriau.com | Polres Kuansing hadiri Rapat Evaluasi terkait penyelesain dan penanggulangan bencana Banjir bertempat di Rumah Makan Sederhana Teluk Kuantan Kabupaten Kuansing, Senin (8/1/2024), pukul 12.00 WIB.

Kegiatan tersebut di pimpin oleh Bupati Kab. Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby,AK.,MM, dan dihadiri oleh Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito S.I.K.,M.H, Dandim Inhu - Kuansing LETKOL Kav Dani Prasetyo Wibowo S.Sos, MIP, Kejari Kab. Kuansing Nurhadi puspandoyo, S.H., M.H, Sekda Kab. Kuansing Dedi Sambudi, S.KM., M.Kes, Wakapolres Kuansing KOMPOL Robert Arizal S.Sos, Waka 2 DPRD Kab. Kuansing Sdr. Jupizal.S.E.M.Si, Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kuantan Singingi Sdr. dr. Fahdiansyah Sp.OG, Kabag Ops Polres Kuansing KOMPOL Hendri Suparto S.Sos, Kasat Intelkam Polres Kuansing AKP Jhon W.H Matondang S.H, Kasat Samapta Polres Kuansing AKP Repriadi, Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Boy Setiawan S.Ap.,M.Si, Kasat Binmas Polres Kuansing AKP Yuhelmi dan Kepala BPBD Kab. Kuansing Sdr. Andri Zul.

Penyampaian dan sekaligus membuka acara rapat oleh Bupati Kuansing menyampaikan "Pemerintah Daerah harus lebih tanggap dan tangguh dalam penyaluran bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten Kuantan Singingi, Penggunaan Dana BTT untuk bencana banjir sudah dibuatkan payung hukum nya (Perkada) APBD tahun 2024 untuk bulan Januari,"

"Mari kita bersama saling bantu untuk sukseskan tentang penanganan banjir, Pada prinsifnya kita harus hadir dan ucapan terimah kasih kepada para Forkopimda kabupaten yang telah turun lansung ke lapangan untuk penangulangan banjir, Ucapan terimah kasih kepada para undangan untuk bisa menghadiri acara ini, tetap jaga kesehatan," ujar Bupati Kuansing.

Arahan Dandim Inhu - Kuansing LETKOL Kav Dani Prasetyo Wibowo S.Sos MIP, menyampaikan "Adanya Curah hujan yang ektrim selama periode prediksi 30 Desember 2023 - 6 Januari 2024, Jalur Lintas Timur Kabupaten pelalawan mulai dari kota pangkalan kerinci hinga kecamatan Ukui, melaksanakan Koordinasi dengan intansi terkait dan menempatkan personil pada setiap persimpangan jalan lingkar dan selatan lokasi serta arah dari kab. Inhu," jelasnya

Kemudian Penyampaian Kajari Kab. Kuansing . Nurhadi puspandoyo, S.H., M.H, menyampaikan "Masyarakat tidak mau di evakuasi ketempat yang aman dalam jangka waktu lama, di arahkan setiap rumah yg terdampak banjir agar di buat rakit sementara sebelum bantuan datang, dan diharapkan Puskesmas harus standby 24 jam, terkait dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terdampak banjir,"

Penyampaian Sekda Kab. Kuansing Dedi Sambudi, S.KM., M.Kes,  mengatakan "Diperlukan pembuatan aplikasi untuk mempermudah pengumpulan data dalam bencana banjir, Sinkronisasikan data dan laporan antar OPD dalam penanganan bencana banjir, agar mempermudah pelaporan ke Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk permintaan bantuan, disepakati Tanggap Darurat bencana banjir kembali diperpanjang selama 7 hari," ujarnya.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H., memyampaikan arahannya "Untuk pengalihan arus lalu lintas karena banjir, akan diperjelas dengan rambu- rambu petunjuk jalan, tidak berdasarkan google maps agar mempermudah pengendara yang melewati Kabupaten Kuantan Singingi,"

"Kemudian terhambatnya akses transfortasi jalur nasional/ jalan lintas, terendamnya fasilitas umum seperti jalan, tempat Ibadah dan sekolah, melakukan kegiatan patroli di lokasi dan memberikan pelayanan masyarakat sementara waktu mengungsi ketempat yang aman selalu waspada terhadap anak anak" ujar AKBP Pangucap.

"Kemudian melaksanakan rekayasa lalu lintas terbatas dan membuat spanduk himbauan dari media elektronik, menyiagakan alat berat untuk membantu kendraan yang terpuruk pada lokasi banjir, memastikan keberadaan personil antar instansi dalam pengaturan lalu lintas di pertigaan dan persimpangan dan membantu mensosialisasikan kondisi jalan pada masyarakat," jelas Kapolres Kuansing.***

 

Laporan : Ayub



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex