Jelang Pemilu Serentak 2024, Presma STAI Ar-Ridho Ingatkan Netralitas ASN

Senin, 08 Januari 2024 - 14:19:42 WIB
Share Tweet Google +

Rohil, Catatanriau.com | Menjelang Pemilu serentak 2024 yang kian dekat, pentingnya menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilu adalah bentuk dari Pemilu yang jujur dan adil. Netralitas ASN menjadi prinsip penting untuk menghasilkan pemilu yang demokratis, berintegritas, dan jauh dari pengaruh pemihakan kepada kelompok dan golongan tertentu.

Presiden Mahasiswa STAI Ar-Ridho Bagansiapiapi Ayatullah M. Faisal angkat bicara tentang fenomena yang terjadi di Bagan Barat ini "ASN memiliki asas netralitas yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Dalam aturan itu disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun" Pungkasnya.

"Ini sangat mempengaruhi Netralitas ASN dimana termaktub dalam Pasal 280 ayat (2) huruf f menyebutkan “Pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan Kampanye Pemilu dilarang mengikutsertakan ASN, ini sudah jelas dan seharusnya ASN kita paham akan aturan ini" Tambahnya.

Terkait hal tersebut, disebutkan oleh Ayatullah M. Faisal bahwa pada sabtu siang, tepatnya di Jl. Pembangunan RT01/RW01 kelurahan Bagan Barat kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong hadir turut membawa Nalladia Ayu Rokan dan dr. Maharani  pada kegiatan yang bertajuk Hiburan Masyarakat yang diadakan oleh Kelurahan Bagan Barat.

Acara cukup ramai dengan antusias masyarakat, hal tersebut dilihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dari berbagai kalangan mulai dari orang tua, remaja hingga anak-anak pun turut memeriahkan acara tersebut.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Ayatullah menyayangkan agenda yang bermuatan kampanye tersebut. “Acara cukup ramai dan antusias warga sangat positif, hanya saja sangat disayangkan acara tersebut terindikasi ada unsur kampanye didalamnya, mengingat bahwa Nalladia Ayu Rokan merupakan Calon Legislatif untuk DPRD Provinsi dan dr. Maharani merupakan Caleg DPR RI turut hadir di acara tersebut, terlebih peserta yang mengikuti Hiburan Masyarakat mengenakan pakaian dari salah satu calon yang hadir pada saat itu” sebutnya.

Ia juga menambahkan bahwa terdapat juga Struktural Kelurahan Bagan Barat yang notabenenya adalah ASN yang turut hadir untuk memeriahkan dan menyukseskan acara tersebut dengan mengenakan baju berwarna kuning Putih bersih tulis "BM 1 P".

Sejalan dengan Ayatullah, Ketua Senat Mahasiswa STAI Ar-Ridho Bagansiapiapi, M. Firdaus juga angkat bicara, "Sangat kita sayangkan ada oknum ASN yang tidak sportif menjalani tugasnya sebagai aparatur sipil negara.  padahal jelas UUD Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik. Dsini jelas disebukan, bahwa ASN tidak boleh memihak, terlebih ikut mengkampanyekan. Saya selalu ketua Senat mahasiswa STAI AR-RIDHO Berharap kepada Bawaslu Rokan Hilir agar tetap Tegak Lurus terhadap Aturan yang ada, tetap menjadi tonggak Harapan Masyarakat demi suksesnya Pemilu di bulan Februari Mendatang" Tuturnya. (Tynn)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex