Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution Serahkan 15 Ton Beras Untuk Korban Banjir Di Kampar

Senin, 08 Januari 2024 - 07:45:30 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar menerima bantuan sebanyak 25 ton beras sebagai langkah tanggap darurat untuk membantu masyarakat terdampak banjir. Bantuan ini bersumber dari cadangan pangan Pemerintah Provinsi Riau sebanyak 15 ton dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Republik Indonesia sebanyak 10 ton. Minggu (07/01/2024).

Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, menjelaskan bahwa alokasi khusus untuk Kabupaten Kampar mencakup 15 ton beras, dengan 3,5 ton diarahkan khusus untuk Desa Kampung Pinang.

Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Pj Sekda Kampar yang menyampaikan kebutuhan mendesak akan bahan pangan di beberapa wilayah terdampak banjir di Kampar.

"Hari ini sudah dapat kita salurkan, hal seperti inilah yang kami inginkan, di tengah bencana berbuat dulu, administrasi menyusul," ujar Gubernur Edy Natar.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, Gubernur didampingi oleh Kalaksa BPBD Riau Edy Afrizal, Kepala Dinas Sosial Zulfadhli, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riau Syahfalefi.

Gubernur Riau juga menyampaikan pesan agar masyarakat tetap waspada, terutama anak-anak, dalam menghadapi situasi banjir.

"Semoga dengan bantuan yang sedikit ini dapat meringankan beban masyarakat yang saat ini dibutuhkan," tambahnya.

Pj Bupati Kampar, melalui Pj Sekda Kampar Yusri, menyatakan rasa terima kasih kepada Gubernur Riau atas respons cepat dalam memberikan bantuan.

"Kemarin kami menghadap, Alhamdulilah belum 2x24 jam sudah kita terima beras dari Pemerintah Provinsi Riau sebanyak 15 ton, dan kita juga telah menerima 10 ton dari Badan Pangan Nasional Republik Indonesia," ungkap Yusri.

Beras cadangan Kampar sendiri sebanyak 74 ton telah disalurkan ke desa-desa yang terdampak banjir. Namun, Yusri menyampaikan bahwa sekitar 85 persen wilayah Kabupaten Kampar masih terdampak banjir.

Sungai Subayang, Sungai Kampar Kiri, dan Sungai Kampar Kanan meluap, menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah.

"Belum semua yang dapat kita berikan bantuan, kami masih berharap kepada Pemerintah Provinsi Riau agar kembali dapat memberikan bantuan kepada Kampar," tambahnya.

Situasi ini membutuhkan koordinasi dan upaya bersama dari berbagai pihak untuk membantu warga yang terdampak banjir di Kabupaten Kampar. Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus melakukan langkah-langkah strategis demi pemulihan kondisi seiring berjalannya waktu.(mcr).

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex