Babinsa Koramil 03/Minas Secara Rutin Lakukan Pemantauan Dan Pendataan Warga Terdampak Banjir di Muara Kelantan

Ahad, 07 Januari 2024 - 11:43:14 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Serda Holmes Pasaribu Babinsa Koramil 03/Minas Kodim 0322/Siak, ia melakukan pengecekkan terhadap bencana banjir di RT 09/RK 05 dan RT 10/ RK 05 Dusun Tanah Bagus, Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, Ahad (07/01/2024) sekira pukul 10.00 WIB.

Dijelaskan Serda Holmes Pasaribu, tingginya curah hujan beberapa hari ini mengakibatkan luapan air dari sungai  hingga berdampak beberapa pemukiman penduduk dan lahan pertanian, dengan ketinggian air tidak merata lebih kurang 10 cm s/d 40 cm.

"Hingga mengakibatkan terganggunya aktivitas warga dan terendamnya kurang lebih sebanyak 104 KK rumah warga di Kampung Muara," kata dia.

Kondisi terakhir banjir pada hari ke 8 ini lanjut dia, debit air di RT 09/RK 05 khususnya pada areal persawahan sudah berkurang sekitar 30 cm dan Sementara debit air di RT 10/RK 05 juga berkurang sekitar 30 cm.

"Masyarakat masih belum bisa bekerja di lahan pertanian seperti biasanya di areal yang terdampak banjir dan tetap tinggal di rumah masing masing, dan ada juga yang mengungsi di tenda pengungsian yang di sediakan dari BPBD Siak dan rumah warga yang tidak terkena banjir," paparnya.

Hingga saat ini jelas dia, cuaca disekitar masih terpantau mendung, untuk itu Babinsa dan pihak terkait melakukan upaya dalam penanganan banjir dengan melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir.

"Kita juga mendata lahan pertanian masyarakat yang terdampak banjir kurang lebih 270 Ha, serta mengkoordinasikan denga aparat Desa tentang upaya penanggulangan banjir saat ini," imbuhnya.

Selain itu kata dia, Babinsa juga rutin melaksanakan patroli serta memonitor wilayah-wilayah lain yang rawan dampak banjir.

"Tak lupa kami juga selalu mengingatkan warga agar antisipasi dan waspada apabila terjadi banjir susulan," ucapnya mengakhiri.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex