Dihadiri Ketua Umum Provinsi, HUT Ke-1 Gonjong Limo Kecamatan Minas Berlangsung Meriah Dan Penuh Khidmat

Ahad, 07 Januari 2024 - 09:53:12 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Berlangsung penuh khidmat dan cukup meriah, paguyuban Gonjong Limo Kecamatan Minas merayakan hari ulangtahun (HUT) ke-1 di Gedung Community Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu malam (06/01/2024).

Kegiatan HUT itu menggandeng tema, "di Kampung Kito Basatu di Rantau Kito Badunsanak (di Kampung kita bersatu di rantau kita bersaudara)."

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Gonjong Limo Raiu Zahirman Zabir, Ketua Umum Gonjong Limo Kabupaten Siak Ucok Erwin, Penasehat Gonjong Limo Kabupaten Siak Dr Tonny Chandra,M,Kes, Ketua Gonjong Limo Kecamatan Minas Ridwan, Camat Minas Nurfa Octolita SE, Sekcam Minas Rudi Hartono SIP, Lurah Minas Jaya Martinus SP,  Ketua Umumum Gonjong Limo Kabupaten/Kota Se-Riau, dan sejumlah paguyuban suku Minang yang ada di Provinsi Riau.

Ridwan selaku Ketua Gonjong Limo Kecamatan Minas dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dalam perhelatan yang ditaja pihaknya itu. Tak lupa, ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia yang menurutnya telah bersusah payah hingga sukses menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Pada prinsipnya, pepatah kita mengatakan, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, itulah prinsip kita orang Minang pada umumnya, oleh karena itu, kepada seluruh saudara-saudari maupun Pemerintah Daerah, kami dari Gonjong Limo, siap mendukung dan melaksanakan apapun program yang dibuat oleh pemerintah," imbuhnya.

Adapun Camat Minas Nurfa Octolita SE, dalam sambutannya menyampaikan selamat atas hari jadi Gonjong Limo Kecamatan Minas yang ke-1, dengan harapan kedepan Gonjong Limo Kecamatan Minas dapat terus meningkatkan sinergi dan bisa membantu pemerintah dalam hal pembangunan.

"Kami juga berharap masukan dan arahan dari Gonjong Limo untuk perkembangan pembangunan di Kecamatan Minas ini," imbuh Camat.

Sementara itu, Zahirman Zabir selaku Ketua Umum Gonjong Limo Provinsi Riau dalam arahannya, ia mengapresiasi acara peringatan HUT ke-1 yang diselenggarakan oleh pengurus Gonjong Limo Kecamatan Minas itu. 

Baca Juga : Hadiri HUT Ke-1 Gonjong Limo Minas, Safni Sikumbang Harapkan Gonjong Limo Tetap Kompak Dan Solid

"Mudah-mudahan, hari peringatan pertama ini bukan yang terakhir, tapi akan berkelanjutan. Dan mudah-mudahan dengan peringatan ini dapat menambah dan memicu semangat untuk membangun rasa persaudaraan antar sesama kita," ucapnya.

Dikatakan Zahirman Zabir, paguyuban Gonjong Limo sendiri merupakan wadah perkumpulan masyarakat Riau yang berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh di Sumatera Barat.

"Saya yakin, keluarga besar Gonjong Limo selama ini mampu memposisikan dan menempatkan diri dengan sebaik-baiknya, didalam kehidupan bermasyarakat, dan dalam kemajemukan berbagai ras dan agama yang ada di Riau ini. Mudah-mudahan hal demikian dapat kita pertahankan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Zahirman Zabir juga menegaskan bahwa, Gonjong Limo Provinsi Riau bukanlah organisasi paguyuban abal-abal, akan tetapi merupakan sebuah organisasi yang telah diakui eksistensi dan keberadaannya oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Dan Gonjong Limo ini sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, kemudian juga terdaftar di Pemerintahan Provinsi Riau. Jadi kita bukan organisasi yang tak punya legalitas, kita punya legalitas, oleh karena itu, jangan kita ragu untuk menggerakkan Gonjong Limo ini sesuai dengan tujuan dan maksud pendirian," tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan Zahirman Zabir, menurut pendataan yang telah dilakukan pihaknya, saat ini kata dia, anggota Gonjong Limo sendiri sudah cukup banyak di Provinsi Riau, mencapai 100.000 orang.

"Akan tetapi jumlah pasti kita belum tahu, namun demikian proses pendataan sedang kita jalankan untuk mengetahui jumlah pastinya," imbuhnya.

Zahirman Zabir juga menjabarkan, pada (15/12/2023) lalu, melalui prosedur yang sah, Gonjong Limo Provinsi Riau telah membentuk Koperasi Syariah yang sesuai dengan ajaran Islam.

"Sekarang tinggal proses administrasi untuk diaktakan dan disahkan sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. Koperasi ini kita bentuk tujuannya untuk kesejahteraan anggota serta untuk kemandirian Gonjong Limo kedepan," katanya.***

Penulis : Idris Harahap

Editor : Redaksi 
 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex