Babinsa Koramil 03/Minas Lakukan Pengecekan & Monitoring Wilayah Yang Terkena Banjir di Kampung Lubuk Jering

Sabtu, 06 Januari 2024 - 11:50:51 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Serka Sri Wahyudi Babinsa Koramil 03/Minas melakukan pengecekan wilayah yang tergenang banjir di RT 01/RK 02 dan RT 04 RK 02 Dusun Lubuk Tako, Kampung Lubuk Jering, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, Sabtu (06/01/2024) sekira pukul 10.25 WIB.

Banjir ini sendiri kata Babinsa, terjadi akibat curah hujan tinggi beberapa hari ini yang mengakibatkan luapan air dari sungai  hingga berdampak ke jalan dan beberapa pemukiman penduduk dan lahan pertanian serta akses kejalan Kampung.

"Ketinggian air tidak merata,  kurang lebih 20 cm s/d 40 cm, tentunya hal ini mengakibatkan terganggunya akses jalan menuju Kampung dan terendamnya  kurang lebih 7 KK rumah warga di Kampung Lubuk Jering," ungkap Serka Sri Wahyudi.

Berdasarkan pemantauan yang dialkukannya lanjut Serka Sri Wahyudi, kondisi terakhir air khususnya di areal persawahan yang ada di kampung tersebut saat ini mencapai 10 s/d 25 Cm, dan ketinggian tersebut sudah surut 10 Cm dari sebelumnya.

"Masyarakat belum bisa maksimal bekerja di lahan pertanian seperti biasanya, dan akhirnya warga memilih untuk tetap tinggal di rumah masing masing," ulasnya.

Adapun untuk kondisi cuaca lanjut dia, saat ini di wilayah tersebut masih terpantau mendung, untuk itu Babinsa melakukan upaya-upaya dalam penanganan seperti melakukan pendataan rumah yang terdampak banjir, mendata lahan pertanian masyarakat yang terdampak banjir lebih kurang 75 hektar.

"Kita juga mengkoordinasikan dengan Aparat Desa tentang upaya penanggulangan banjir saat ini serta melaksanakan patroli serta memonitor wilayah-wilayah  lain yang rawan dampak banjir, kemudian mengingatkan warga selalu antisipasi dan waspada apabila terjadi banjir susulan," tuturnya mengakhiri.***

Laporan : Idris Harahap 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex