Hari Ini Sertu Joko Purnomo Lakukan Patroli Dan Monitoring Perkembangan Banjir di Kampung Muara Kelantan

Jumat, 05 Januari 2024 - 13:47:20 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Sertu Joko Purnomo Babinsa Koramil 03/Minas melakukan pengecekan bencana banjir di RT 09/RK 05 dan RT 10/ RK 05 Dusun Tanah Bagus Kampung Muara Kelantan,

Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau, Jumat (05/01/2023) sekira pukul 10.30 WIB.

Banjir ini sendiri terjadi akibat tingginya Curah hujan Beberapa hari ini yang mengakibatkan luapan air dari sungai  hingga  berdampak beberapa pemukiman penduduk dan lahan pertanian,

dengan ketinggian air tidak merata lebih kurang 10 cm s/d 40 cm yang mengakibatkan terganggunya aktivitas Warga dan terendamnya  kurang lebih 104 KK rumah  warga di Kampung Muara Kelantan tersebut.

"Kondisi terakhir debit air di RT09/RK 05 tepatnya pada areal persawahan sudah berkurang kurang lebih sekitar 10 cm dan sementara debit air di RT 10/RK 05 juga berkurang sekitar 10 cm," kata Sertu Joko Purnomo.

Saat ini lanjut dia, masyarakat masih belum bisa bekerja di lahan pertanian seperti biasanya khususnya di areal yang terdampak banjir, dan masyarakat masih tetap memilih untuk tinggal di rumah masing masing.

"Ada juga sebagian masyarakat yang memilih mengungsi di tenda pengungsian yang disediakan  BPBD Siak dan Rumah warga yang tidak terkena banjir," katanya.

Saat ini lanjut dia, cuaca disekitar masih terpantau mendung. Oleh karena itu Babinsa melakukan upaya-upaya dalam penanganan banjir dengan mendata rumah yang terdampak dan mendata lahan pertanian masyarakat yang terdampak banjir lebih kurang seluas 270 hektar.

"Kita juga mengkoordinasikan denga Aparat Desa tentang upaya penanggulangan banjir saat ini. Kemudian melaksanakan patroli serta memonitor wilayah-wilayah  lain yang rawan dampak banjir. Serta tak lupa kita selalu mengingatkan warga agar antisipasi dan waspada apabila terjadi banjir susulan." Tuturnya.***

Laporan : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex