Cooling System Pemilu 2024, Basah Kuyup Kapolres Pelalawan Bersama Personil Tetap Semangat Harmoni Ngatur Lalin Di Titik Banjir KM 83, Sabtu 30 Desember 2023

Cooling System Pemilu 2024, Basah Kuyup Kapolres Pelalawan Bersama Personil Tetap Semangat Harmoni Ngatur Lalin Di Titik Banjir KM 83

Ahad, 31 Desember 2023 - 10:26:20 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Kapolres Pelalawan AKBP  Suwinto SH SIK di dampingi Kasat Lantas  Polres Pelalawan AKP Akira Ceria SIK MM bersama personil Polres dan Polsek Pangkalan Kuras  langsung turun ke lokasi untuk mengurai kepadatan kendaraan dan melakukan rekayasa lalu lintas di daerah titik banjir Jalan Lintas Timur di KM 83 Desa Kemang, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (30/12/2023) malam. Suasana hujan dan jalan terendam membuat Kapolres bersama personil basah kuyup dan tetap semangat Harmoni mengatur  arus lalu lintas tetap berjalan lancar.

"Alhamdulillah........arus lalu lintas lancar namun kecepatan rendah," kata Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK sekitar jam 23 00 Wib Sabtu 30 Desember 2023 dari lokasi banjir Jl Lintas Timur KM 81 - KM 83. Kehadiran Kapolres turun langsung mengatur lalin menambah semangat Harmoni personil dan petugas mengurai kemacetan. Komunikasi dengan pengguna jalan juga berjalan melalui himbauan hati - hati dan jangan saling mendahului. Jalan terendam sekitar 25 - 30 cm ditambah lagi ada jalan berlubang. Arus air menyeberang jalan cukup deras dan beram yang dalam. Harmoni menjadi slogan Polres Pelalawan. Harmoni (Humanis, Akuntabel, Respon, Mahir, Optimis, Norma, Iman dan taqwa) turunan Program Polri Presisi  (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi berkeadilan).

Tingginya intensitas hujan di beberapa kabupaten di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat sebagai hulu Sungai Kampar menyebabkan banjir terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pelalawan terutama sepanjang pinggiran Sungai Kampar. Selain itu salah satu yang menjadi penyebab luapan air Sungai Kampar adalah tingginya curah hujan di wilayah Sumatra Barat dan  kabupaten Kampar yang menyebabkan meningkatnya debit air di waduk PLTA Koto Panjang. Hal ini menyebabkan  dibukanya 5 Pintu PLTA Koto Panjang Kabupaten Kampar  5 x 110 cm hingga menyebabkan meluapnya air Sungai Kampar yang mengakibatkan beberapa wilayah yang berada di bantaran Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan terendam banjir.

Luapan air Sungai Kampar bahkan telah menggenangi beberapa kecamatan yaitu Kecamatan Langgam, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kecamatan Pelalawan, Kecamatan Bunut serta Kecamatan Teluk Meranti. Genangan air juga telah merendam akses Jalan Lintas Timur di Desa Kemang KM 81 -  83. Banjir dijalan mengakibatkan kendaraan dari arah Pekanbaru menuju Rengat dan dari Rengat menuju Pekanbaru harus ekstra hati hati melewati genangan air sepanjang lebih dari 300 meter.

Melihat kondisi jalan yang padat akibat banjir Personil Polres Pelalawan yang di pimpin langsung oleh Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK di dampingi Kasat Lantas  Polres Pelalawan AKP Akira Ceria SIK MM  dalam suasana hujan langsung turun ke lokasi untuk mengurai kepadatan kendaraan dan melakukan rekayasa lalu lintas hingga arus lalu lintas berjalan lancar.

Aksi Kapolres mendapat simpati warga yang melintas. "Trims pak Harmoni, jalan bisa lewat. Macet teratasi," ujar warga.  Saat ikut ngatur lalin, terlihat Kapolres dengan ciri khasnya  ramah dan senyum mewujudkan Cooling System pada titik banjir di Jalan Lintas Timur sambil mendorong kendaraan yang mogok di karenakan mesin tidak bisa di hidupkan. Kondisi pakaian basah bukan penghalang bagi  AKBP Suwinto SH SIK ini untuk selalu melayani masyarakat sembari memberi himbauan kepada seluruh masyarakat pengguna jalan agar selalu berhati hati dan bersabar dan tidak emosi untuk saling mendahului.

"Saya menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk lebih berhati hati mengendarai kendaraannya. Utamakan keselamatan dari pada kecepatan. Patuhi Peraturan dan petunjuk petugas Lalu lintas. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban menjelang pemilu 2024. Semoga bapak Ibu semua selamat sampai ketempat tujuan" himbau AKBP Suwinto SH SIK ****

Laporan : E Pangaribuan 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex