Kadis DLH Rohil Pantau Pembersihan Pintu Air Menuju Sungai Rokan

Jumat, 27 Oktober 2023 - 13:49:05 WIB
Share Tweet Google +

Bagansiapiapi, Catatanriau.com | Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas lingkungan Hidup (DLH) telah melakukan pembersihan sejumlah parit dan saluran air hingga sungai yang menembus muara ke laut dengan melibatkan puluhan Tim Satgas penanganan Banjir di sejumlah titik lokasi rawan banjir.

Kadis DLH Rohil Suwandi, S.Sos., kepada Wartawan menyampaikan hampir selama satu pekan terakhir Tim Satgas penanganan banjir DLH Rohil telah mengerahkan secara penuh melakukan pembersihan saluran saluran air seperti melakukan pembersihan parit baik secara manual hingga secara ekstra dengan menurunkan 1 unit alat berat jenis excavator mini di sejumlah lokasi.

Kadis DlH Rohil Suwandi, S.Sos., dilokasi kepada Wartawan ikut menyampaikan dalam mengatasi persoalan banjir Dinas DLH berkolaborasi bersama Dinas PUTR dan BPBD melaksanakan sejumlah kegiatan dalam Penanggulangan banjir di Ibukota.

"Kami masih mengeluarkan kekuatan penuh sebanyak 80 orang dari Satgas Banjir dari DLH Rohil," Kata Suwandi, saat melakukan pembersihan di pintu air dijalan lintas Pesisir Sungai Rokan kawasan Batu Enam Bagansiapiapi.

Hari ini, Lanjutnya, Kami DLH Rohil bersama BPBD dan PUTR juga berkalobarasi melakukan sejumlah kegiatan pembersihan baik menggunakan alat berat maupun secara manual.

Untuk DLH sendiri, Suwandi menyampaikan sejak pagi hingga sore telah melaksanakan pembersihan saluran saluran air seperti Parit Gepak dan sekitarnya, Ujung Sungai Garam, Parit Jalan Pahlawan dan seronya Pintu Air yang terletak di tepi sungai rokan disamping Dinas Pemuda dan Olah Raga kawasan Batu Enam.

Dari Pihak BPBD Suwandi menyampaikan telah mengerahkan anggotanya dengan menurunkan mesin sedot air di Kelurahan Bagan Hulu dan sekitarnya dan pihak PUTR menerjunkan alat berat Excavator di Parit Atmo yang masuk dalam kawasan Kepenghuluan Bagan Punak Meranti dan sekitarnya.

Untuk alat berat Excavator mini dari DLH Rohil, Suwandi menyampaikan telah berada jalan Bahagia menuju Parit Gepak Jalan Bulan Kelurahan Bagan Hulu yang sebelumnya berada di jalan Siak Ujung Kelurahan Bagan Timur melakukan normalisasi.

Sementara Kegiatan normalisasi secara manual, Sambung Suwandi pihaknya hari ini melakukan pembersihan di Parit Ujung Suak Sungai Garam wilayah Bagan Barat, Parit Kerang diwilayah Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir dan Bagan Jawa dan terakhir di wilayah Kepenghuluan Bagan Punak Meranti dan Kelurahan Bagan Punak.

Diakhir penyampaian dalam Penanggulangan Banjir Suwandi mengakui telah menerima sejumlah keluhan dari sejumlah masyarakat di Bagansiapiapi, namun demikian Suwandi berharap dengan kerjasama semua pihak Pemerintah Daerah telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi persoalan tersebut.

" Kita berharap dengan kerjasama semua pihak persoalan banjir dapat diatasi dengan segera," tutup Suwandi.***

Laporan : Tiyna



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex