Kapolres Rohul Jum'at Curhat Dengan Masyarakat Desa Sialang Jaya

Jumat, 27 Oktober 2023 - 13:42:09 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Dalam mewujudkan Polri Presisi, Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiyono, SIK.MH menggelar kegiatan Jumat Curhat bersama Masyarakat Dusun Sei Bungo Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah. Jum'at (27/10/2023) sekitar pukul 09.00 Wib.

Pada kesempatan itu, AKBP Budi Setiyono, SIK.MH menyampaikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar  karena banyak dampak negatifnya untuk kesehatan.

"Pembakaran hutan dan lahan akan menimbulkan asap yang nantinya akan menggangu terhadap kesehatan kita sendiri, dan dampak dari kebakaran juga bisa menggangu penerbangan pesawat baik itu dalam negeri maupun luar negeri," katanya.

Dalam rangka menghadapi pemilu dan pilpres nanti Kapolres juga mengajak masyarakat untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif dan jaga persatuan dan kesatuan.

"Jadilah Polisi bagi diri sendiri dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif karena tanpa bantuan unsur elemen dari masyarakat dan para tokoh-tokoh, kami Polri tidak ada apa-apanya," ujarnya.

Lanjutnya, perbandingan anggota Polri yang bertugas di Polres Rohul dengan jumlah penduduk Rambah sangat jauh, maka dari itu kami sangat-sangat membutuhkan kerja samanya dalam rangka Harkamtibmas," tambah Budi.

Masih Kapolres, Beliau menjelaskan terkait membakar lahan tidak ada toleransinya karena dalam aturan Undang- Undangnya barang Siapa yang melakukan pembakaran Hutan dan lahan akan 
di pidana dengan kurungan 10 Tahun, denda 10 Milyar, maka sebaiknya Stop membuka  lahan dengan cara membakar," tegasnya.

Sementara itu salah satu warga menyampaikan persoalan yang saat ini banyak di alami oleh masyarakat terkait maraknya pencurian buah sawit yang terjadi di Desa Sialang jaya sekaligus apakah bisa di pidana atau tidak.

"Untuk masalah pencurian Sawit yang kerugiannya di bawah 2,5 juta itu masuk Pidana, tetapi proses hukumnya Tipiring yang prosesnya langsung disidangkan," paparnya.

"Akan tetapi sebaiknya diselesaikan di tingkat bawah dengan memanfaatkan 3 pilar yaitu Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk mencari solusi (Problem Solving) buat suatu perjanjian antara kedua belah pihak yang mengingat tentunya didukung oleh semua pihak dan para tokoh," sebutnya.

"Agar para oknum masyarakat yang melakukan pencurian tersebut tidak akan melakukan perbuatan pencurian dengan kesepakatan tersebut akan membuat efek jera," tuturnya.

Kapolres Rohul menambahkan, kegiatan Jumat Curhat dalam meningkatkan silaturahmi antara Polri dengan Masyarakat adalah menampung dan mendengar keluhan dari warga masyarakat secara langsung dengan tujuan, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri (Publick Trust).

"Kegiatan Jumat Curhat merupakan upaya untuk meningkatkan  silaturahmi antara pihak Polri dengan Masyarakat Rambah, kemudian menyerap segala aspirasi serta keluhan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan aduan dan gangguan kamtibmas agar segera ditindaklanjuti," pungkasnya.

"Masyarakat sangat mengapresiasi program Jumat Curhat dari Polres Rohul, sangat berguna bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan aduan secara langsung dan bertatap muka, sehingga terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Rohul," tutup AKBP Budi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag SDM AKP S Sinaga, Kasat Samapta AKP Hermawan, Kapolsek Rambah Iptu Suheri Sitorus SH, Sekcam Rambah Mustafa Kamal, Pj Kades Sialang Jaya M Taufik, Kepala Sekolah SD N 016 Rambah Mukhlis, S Pd, Masyarakat dan Tokoh Masyarakat Dusun Sei Bungo Desa Sialang Jaya

Kegiatan tersebut berakhir sekitar pukul 10.30 Wib, selama kegiatan berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman, lancar dan kondusif.***

Laporan : E.S.Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex