Lestarikan Mangrove, PNM, BDPN dan Unisi Tanam 4.000 Pohon, Rabu 27 September 2023

Hari OZON Lestarikan Mangrove, PNM, BDPN dan Unisi Tanam 4.000 Pohon

Jumat, 29 September 2023 - 09:14:16 WIB
Share Tweet Google +

Inhil, Catatanriau.com | PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Pekanbaru, penggiat lingkungan Bangun Desa Payung Negeri  (BDPN), berkolaborasi dengan Universitas Islam Indragiri (UNISI), Pemerintah Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau Melaksanakan penanaman pohon mangrove sebanyak 4.000 pohon dan Salurkan Ratusan Sembako Kepada Masyarakat di Dusun Sungai Bandung,  Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (27/09/2023).

PT PNM sebagai salah satu BUMN,   memberikan program penyaluran pembiayaan kepada pelaku UMKM, tetapi juga mempunyai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat sekitar.  Pada kegiatan kali ini PNM melakukan Penanaman 4000 pohon Mangrove untuk Penghijauan dan mengurangi Abrasi sebagai salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan oleh PNM melalui Divisi JMT.

Kegiatan lestarikan mangrove dihadiri, IKDR, ISEI Komisariat Tembilahan, PPI Kab.Indragiri Hilir, Pusat Studi Lingkungan dan Sumber Daya Alam UNISI,  Indonesia Youth Epicentrum Indragiri Hilir, Greenomos, LKBH UNISI, DPM UNISI, BEM UNISI, PWI Indragiri Hilir, FKWI Indragiri Hilir, IWO Indragiri Hilir, PJID Indragiri Hilir, Brimaspala UNISI, BEM FEB UNISI, KOPITU Indragiri Hilir, IJTI Indragiri Hilir , Orari Orlok Inhil, Indra Radio, Event Inhil, Insta Inhil , Mahasiswa Inhil , Amulet (Lembaga Pers Mahasiswa UNISI).

Pimpinan Cabang PT PNM Suhardjo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti kepedulian perusahaan terhadap lingkungan serta kerja sama antara Pemerintah Desa, Universitas Islam Indragiri, BDPN sebagai penggiat lingkungan dengan PT PNM. Sekaligus memperingati Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada bulan September.

“Kami dari PT PNM bisa membantu mengembangkan lingkungan yang bermanfaat, melalui penanaman pohon mangrove untuk meningkatkan penghijauan di tepi pantai yang berguna untuk mencegah abrasi laut,” katanya.

Dikatakan Suhardjo, kegiatannya  merupakan komitmen PNM untuk terus melestarikan lingkungan dan memberdayakan masyarakat dengan program tanggung jawab sosial.

”Saya berharap melalui kegiatan tersebut PNM bisa bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan potensi pariwisata dengan mengelola lingkungan warga,” ungkapnya.

Ditambahkannya, selain penanaman pohon mangrove PT PNM juga memberikan permodalan dan pembinaan pada pelaku UMKM.

Jadi, dengan menanam pohon mangrove disamping meminimalisir abrasi pantai juga dapat meningkatkan biota laut yang dapat di manfaatkan oleh para nelayan seperti udang, kepiting dan lainnya.

Sedangkan, Wakil Rektor 1 UNISI Zainal Arifin Hussein yang juga Ketua BDPN saat diwawancarai  media,  menyampaikan acara ini juga di hadiri oleh Bupati Inhil yang Diwakili oleh Asisten II dan adek-adek kita dari mahasiswa UNISI tembilahan dan dinas terkait.

"Adapun maksud dan tujuan kita adalah melestarikan dan menjaga lingkungan, tentunya giat - giat seperti ini kita maksudkan agar semua pihak tergerak hatinya dan melakukan aksi nyata di lapangan, Semoga bisa kita tingkatkan dimasa yang akan datang," pungkasnya

"UNISI bersama BDPN berkomitmen untuk terus melakukan kampanye dan aksi nyata pemulihan lingkungan, terutama di kawasan pesisir yang terdampak akibat Intrusi airlaut yang menyebabkan ribuan hektar kelapa rakyat mati, " ujarnya

Ketua BDPN yang sekaligus anggota Jikalahari ini meminta perhatian serius kepada pemerintah daerah  untuk meningkatkan program pemberdayaan ekonomi dan fasilitas pendidikan bagi anak- anak pesisir.

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan yang di wakili Asisten II Kabupaten Indragiri Hilir, Junaidi, mengapresiasi kepada PT PNM telah berkontribusi dalam mengembangkan potensi wisata dengan mengelola lingkungan Pemdes Tanjung Pasir.

” Ini menunjukkan kepeduliannya dan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Dusun Sei Bandung, Desa Tanjung Pasir,” ungkapnya.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini adalah ikhtiar dalam penguatan biodiversity yang ada dikawasan Dusun Sei. Bandung dan ini merupakan kolaborasi yang baik dalam menghijaukan lingkungan kawasan pesisir.
“Ketika nanti kawasan penanaman pohon ini sudah tumbuh dengan mangrove yang besar tentunya akan menjadi potensi wisata baru,” ucapnya.

Ia bahkan memaparkan, progres ke depan PT PNM akan membuat kegiatan ekonomi untuk masyarakat nelayan di Desa Tanjung Pasir seperti pelatihan Kewirausahaan, Klasterisasi dan lainnya.

Hal senada dikatakan Camat Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir, Wakil sekcam Suhaimi yang berharap dengan dilakukannya kegiatan tersebut dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan daya tarik wisata mangrove di Kabupaten Tanah Merah.

” Kami mengapresiasi dengan kegiatan tanam 4 Ribu pohon mangrove, sehingga mampu memberikan daya tarik yang wisata mangrove didalam menyukseskan visi dan misi Kabupaten Indragiri.

Salah satu manfaat penanaman pohon mangrove dapat menahan abrasi dan erosi serta merupakan Program Tanggung Jawab Sosial.

Diharapkan dengan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih akibat penyerapan polusi udara oleh tanaman mangrove guna mencapai target emisi nol pada tahun 2060 serta untuk menjawab isu dekarbonasi. Kegiatan penanaman mangrove di Dusun Bandung menjadi
Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). *****

Laporan : E Pangaribuan 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex