Potensi budidaya ikan patin dan produk turunannya dari Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar binaan PT PHT yang berhasil meraih juara 1 regional Sumatera dalam lomba desa 2023.

Punya Potensi Perikanan & Ekowisata, Desa Koto Masjid Binaan PHR Juara 1 Regional Lomba Desa 2023

Jumat, 18 Agustus 2023 - 16:45:59 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru,Catatanriau.com | PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan turut mengantarkan Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar menjadi Juara 1 regional wilayah I Sumatera Lomba Desa/Kelurahan 2023. Potensi desa tersebut dikenal sebagai lumbung perikanan, yang mana perekonomian masyarakat di wilayah tersebut ditopang oleh produksi budidaya ikan patin dan produk turunannya, yang pemasarannya hingga mancanegara.

PHR melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau untuk berperan strategis dalam pemberdayaan masyarakat dalam implementasi pengembangan desa wisata ini sejak pascaalih kelola. Kawasan yang biasa disebut Kampung Patin ini dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Desa 2023 regional Sumatera, berhasil mengungguli Desa Pujokerto Kabupaten Lampung Tengah sebagai juara II dan juara III Desa Mane Tunong Kabupaten Aceh Utara.

Ajang ini merupakan inisiasi dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memberikan penghargaan kepada 12 desa dan 12 kelurahan yang menjadi juara regional di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian dan diterima Penjabat Sekretaris Daerah Kampar, Ramlah dalam acara Temu Karya Nasional di Jakarta, Selasa (15/8/2023) malam.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pertemuan dan sharing serta menjadi media publikasi keberhasilan dari juara lomba desa/kelurahan tingkat provinsi dan tingkat regional seluruh Indonesia.

Pj Sekda Kampar Ramlah mengatakan, bahwa penghargaan tersebut atas keberhasilan melakukan pembinaan dan pengembangan ekonomi masyarakat, melalui inovasi dan pemberdayaan masyarakat.

"Budidaya ikan dan produk turunan ikan telah meningkatkan perekonomian masyarakat Koto Masjid. Alhamdulillah dan selamat untuk Desa Koto Masjid yang berada pada Regional I berhasil menjadi juara pertama Desa Berprestasi, semoga ini bisa terus ditingkatkan dan menjadi semangat baru bagi desa lainnya," ujarnya, dilansir dari Media Center Riau.

Terpisah, Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto menyampaikan tahniah atas prestasi yang diraih desa yang menjadi binaan PHR WK Rokan tersebut. "Alhamdulillah ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Kami turut bangga melihat prestasi dan perkembangan desa binaan PHR dalam program TJSL ini, banyak sekali potensi di desa tersebut, terutama di bidang ekonomi masyarakat dan pariwisata," ujarnya.

Sejauh ini, PHR telah melaksanakan program pengembangan desa wisata di Kampung Patin Desa Koto Masjid tersebut. Program itu meliputi perikanan, perkebunan, pertanian, hingga ekowisata. Desa ini bahkan telah memiliki produk unggulan berbahan olahan patin yang dibudidayakan masyarakat setempat, keberhasilan ini berkat kolaborasi pentahelix yang diterapkan oleh PHR.

Melalui program TJSL, PHR terus bergerak dan menggali potensi di Provinsi Riau yang juga berdampak pada kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.**

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex