Mahasiswa Kukerta UNRI Beri Edukasi Pemanfaatan Teknologi Kepada Pelaku UMKM

Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:59:38 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Mahasiswa Kukerta Universitas Riau (UNRI) memberikan pemahaman atau edukasi pemanfaatan teknologi internet kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit.

Kegiatan sosialisasi ini digelar dengan tujuan untuk mendorong UMKM Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit agar terus tumbuh dan berkembang. Para peserta Kukerta UNRI ini juga sangat aktif memberikan edukasi pemanfaatan teknologi secara door to door ke pelaku UMKM.

"Sosialisasi ini kami laksanakan dengan dua metode, pertama melalui acara pertemuan dan kedua secara terjun langsung ke UMKM," kata Ketua Koordinator Kukerta UNRI Kampung Bunsur Rosdiansyah, Rabu (16/07/2023).

Rosdiansyah menyebutkan, pemaparan atau materi tentang penggunaan teknologi internet ini dikemas sesederhana mungkin dengan tujuan agar para pelaku UMKM bisa memahami dan dapat langsung dipraktekkan. 

"Kita berusaha semaksimal mungkin dengan kehadiran kami selama 40 hari di Kampung Bunsur ini, bagaimana bisa memberikan kontribusi dan bermanfaat untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat Kampung Bunsur," ucap Rosdiansyah.

Ia menjelaskan, selama masa pengabdian masyarakat ini, pihaknya memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM mulai dari desain logo, pembuatan merek, kemasan, hingga pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB). Selain itu, pihaknya juga mengajarkan pelaku UMKM pembuatan lapak di platform e-commerce.

"Kami memberikan edukasi atau memberitahu kepada UMKM bahwa sebenarnya sangat mudah menjadi wirausaha secara online. Jadi pelaku UMKM tak perlu lagi takut atau kesulitan berbisnis online," ujarnya.

Menurut Rosdiansyah dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memperluas jangkauan pasar dan dapat meningkatkan perekonomian UMKM Kampung Bunsur. Sebab katanya, produk-produk UMKM di Kampung Bunsur ini tidak kalah saing dipasaran, apabila dikemas dan disajikan dengan benar. 

"Melalui kegiatan ini mudah-mudahan UMKM semakin termotivasi dan memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam mengembangkan bisnisnya," harapnya.(Mr.j)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex