Pengecekan Pencemaran Air Sikumbang di Desa Pulau Sarak, Kab. Kampar

Rabu, 09 Agustus 2023 - 21:49:07 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com  - 9 Agustus 2023, Riadel Fithri, SP, MSi. (Kepala Dinas Kesehatan Kampar) melakukan pengecekan Air Sikumbang oleh Dinas Kesehatan Kab. Kampar terkait Air Sikumbang yang tercemar bakteri Caliform.

Saat ini telah beredar surat dari Dinas Kesehatan Kab. Kampar di Media Sosial tentang Air Sikumbang yang tercemar bakteri Caliform sehingga Air Sikumbang harus dilakukan perebusan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hal tersebut dikarenakan adanya 21 kasus diare di 17 Desa, 1 Kelurahan Puskemas Air Tiris sesuai dengan surat yang beredar dari Dinas Kesehatan Kab. Kampar.

Riadel mengatakan, "Penyebabnya yaitu mengkonsumsi air yang berasal dari Air Sikumbang. Namun sumber air yang didapatkan bukan air yang berasal dari Desa Pulau Sarak melainkan dari Desa Penyasawan Kec. Kampar dengan merk yang sama "Air Sikumbang"."

"Untuk memastikan Air Sikumbang yang berasal dari Desa Pulau Sarak, Kec. Kampar ini dapat langsung dikonsumsi, maka akan dilakukan uji laboratorium kesehatan dengan mengambil sampel Air Sikumbang yang berasal dari Desa Pulau Sarak, Kec Kampar", ungkapnya.

Sampai pada pukul 13.30 WIB, dilakukan pengambilan sampel Air Sikumbang Desa Pulau Sarak, Kec. Kampar oleh Tim Laboratorium Dinas Kesehatan Kab.Kampar.

Pencemaran sumber air tersebut diduga tercemar oleh bakteri Caliform sehingga sebelum mengkonsumsi Air Sikumbang harus dilakukan perebusan terlebih dahulu. Jika hal tersebut tidak ditindaklanjuti maka kasus diare di Kab. Kampar akan semakin meluas dan sangat berdampak bagi kesehatan masyarakat sekitar.**

Laporan : Mutia



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex