Kalapas Pasir Pengaraian Beserta Jajarannya Ziarah Di Makam Raja Rambah

Rabu, 09 Agustus 2023 - 18:34:43 WIB
Share Tweet Google +

Rohul,Catatanriau.com | Masih dalam rangkaian hari Kemenhumkam, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasir Pengaraian yang dipimpin langsung oleh Kalapas Bahtiar Sitepu adakan Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Raja-Raja Rambah. Rabu (09/08/2023).

Hal ini sesuai yang di sampaikan oleh Kalapas Bahtiar Sitepu pada saat berkunjung ke Makam-makam Raja Rambah.

"Ini salah satu kegiatan Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian dalam rangka memperingati hari Kemenhumkam HDKD ke 78 tahun 2023," ujarnya.

Bahtiar menjelaskan, dengan berkunjung ke Makam Raja-Raja Rambah yang merupakan Cagar Budaya ini dapat lebih mengetahui bagaimana kisah seorang Raja yang memimpin Kerajaan Rambah yang sekarang telah menjadi Kecamatan Rambah.

"Raja-Raja Rambah cukup lama memimpin dan mengayomi Negeri Rambah ini. Maka dari itu kami Ziarah dan Tabur bunga di sini," kata Bahtiar.

Di ketahui kerajaan Rambah merupakan salah satu dari lima Kerajaan Melayu di daerah Rokan Hulu dengan ibukota kerajaan yang pada awalnya berada dipinggir sungai Rokan Kanan namun dipindahkan ke Pasir Pengaraian.

Dan Kerajaan Rambah ini diperkirakan berdiri sekitar pertengahan abad ke XVII Masehi dan sudah menganut Agama Islam.

Kerajaan Rambah ini memakai sistem Raja Empat Selo yaitu tiga anak raja, satu anak raja-raja. Secara hierarki, Kerajaan ini masih memiliki pertalian saudara dengan Kerajaan Tambusai.

(E.S.Nst/Humas/Fr)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex