Jadi Narasumber di SMK Perpajakan Riau, Kapolsek Siak Hulu Edukasi Siswa Tertib Berlalu Lintas

Kamis, 13 Juli 2023 - 20:17:54 WIB
Share Tweet Google +

Kampar, Catatanriau.com | Polsek Siak Hulu laksanakan sosialisasi edukasi terkait keselamatan berlalulintas di kalangan Pelajar SMK Perpajakan Riau, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Rabu,.(12/7/23), sekira pukul 11.00 WIB, bertempat di aula SMK Perpajakan Riau, jln. Purnama, No. 05 desa Pandau Jaya kecamatan Siak Hulu.

Kapolsek Siak Hulu, AKP Zainal selalu  Narasumber terkait edukasi tertib berlalulintas menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak sekolah atas waktu dan kesempatannya mengundang Polsek Siak Hulu untuk memberikan edukasi berlalulintas kepada para siswa/i SMA N Perpajakan Siak Hulu.

Menurut Zainal, Kegiatan ini ditujukan sebagai upaya preventif dan penanaman budaya tertib berlalu lintas di kalangan pelajar serta menekan tingkat pelanggaran yang mengarah terjadinya kecelakaan akibat kurang disiplinnya dalam berlalu lintas di jalan raya, berdasarkan Pasal 105 UU LLAJ No. 22 Tahun 2009 tentang tata cara berlalu lintas.

Zainal mengimbau agar para pelajar lebih memahami bagaimana etika berlalu lintas yang baik dan membentuk karakter pelajar taat berlalu lintas, mengingat masih banyaknya pelajar setingkat SMA sederajat yang sudah menggunakan kendaraan bermotor tetapi tidak memahami aturan/tata tertib berlalu lintas. 

Dijelaskan Zainal, Tiga faktor yang menjadi penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia, kendaraan dan lingkungan, dimana penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia (human error) yang disebabkan kecerobohan pengguna jalan, kurangnya pemahaman pengguna jalan terhadap tehnik berkendara, etika berlalu lintas, dan minimnya kesadaran pengguna jalan terhadap keselamatan berlalu lintas.

"Mematuhi peraturan lalu lintas menjadi aspek keselamatan yang tentunya menjadi kewajiban pihak Kepolisian agar pengendara selamat sampai tujuan," jelas Zainal.

Alasan untuk wajib mematuhi rambu lalulintas, sambung Zainal, guna menciptakan keteraturan dan kerertiban dalam berkendara, menghindari kecelakaan, tidak membahayakan pengguna jalan yang lain, kewajiban mematuhi hukum yang berlaku dan sebagai prioritas adalah keselamatan.

"Kegiatan Sosialisasi ini penting dilaksanakan bertujuan untuk menanamkan pengetahuan dan menumbuhkan perilaku tertib berlalulintas, sehingga para pelajar dapat memahami tata cara berlalulintas dengan baik dan mematuhi segala rambu-rambu serta dapat mengurangi resiko kecelakaan, yang mana penerapan pendidikan etika berlalulintas dan issue keselamatan sejak dini diharapkan dapat membentuk pola pikir dan karakter positif terkhusus kepada Siswa-siswi SMK Perpajakan Riau," pungkas Zainal.

Sementara itu, Kepala SMK Perpajakan Riau menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kesediaan langsung Kapolsek Siak Hulu memberikan edukasi dalam kegiatan sosialisasi ini

"Harapan kami dengan adanya kegiatan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas dari Polsek Siak Hulu kepada kita semua dapat menambah pengetahuan serta kedisiplinan berkendara terutama untuk para pelajar agar lebih menaati segala peraturan berlalulintas demi keselamatan kita semua," harapnya.***

Laoran :  Irwan Ocu Bundo

Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex