Sambut Kepulangan Jamaah Haji, Wabup Rohul: Jaga Semangat Ibadah & Sebarkan Kebaikan

Rabu, 12 Juli 2023 - 11:42:54 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Kepulangan Jamaah Haji asal kabupaten Rokan hulu (Rohul) dari tanah suci Mekkah kloter 12 BTH/EHA 9
di sambut langsung oleh Wakil bupati (Wabup) Rohul H. Indra Gunawan yang bertempat di Asrama Debarkasi Haji Antara Pekanbaru, Rabu (12/07/2023) dini hari.

Jamaah Haji asal Rohul ini diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pada selasa 11 Juli 2023 pukul 03.40 Waktu Arab Saudi (WAS) menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam Indonesia.

Dan pada Rabu 12 Juli 2023 pukul 00.10 WIB tiba di Bandara SSK Pekanbaru langsung menuju Asrama Debarkasi Haji Antara Pekanbaru Riau.

Kedatangan Jamaah Haji asal Rohul (Rohul) ini disambut langsung oleh Wabup Rohul yang di dampingi oleh oleh Kanwil Kemenag Provinsi Riau H. Syahruddin, M.Sy, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST, M.Si, Kakan Kemenag Rohul H. Zulkifli Syarif, S.Ag, M.PDi, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra H. Fhatanalia Putra, S.Sos, Kepala Dinas Kominfo Rohul H. Syofwan, S.Sos, Kabid IKP Rudi Fadrial, S.Sos, M.Si, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Keluarga Jamaah Haji.

Wakil Bupati Rohul menyampaikan atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Rohul menyambut secara tulus dan penuh sukacita kepulangan Jamaah Haji yang baru saja menunaikan ibadah di Tanah Suci Mekkah.

"Kami ucapkan selamat datang kepada bapak ibu Haji dan Hajjah semua yang telah menunaikan ibadah haji, salah satu kewajiban suci dalam agama islam. kepulangan bapak ibu semua dari tanah suci mekah membawa kebahagiaan dan sukacita bagi kita semua, bapak ibu telah menjalani perjalanan spiritual yang luar biasa, menghadap baitullah, melakukan tawaf di sekitar ka'bah, berjalan di lembah mina, berziarah ke jabal rahmah, dan menjalankan ritual-ritual haji lainnya yang penuh hikmad," ungkapnya.

Wabup Indra mengatakan bahwa ibadah haji bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga sebuah perjalanan jiwa yang penuh dengan pengorbanan, kesabaran, dan ketekunan.

"Kami yakin bahwa saudara semua telah mengalami momen-momen yang mendalam dan berarti selama melaksanakan haji di mekah" katanya.

Kemudian kepada para jamaah haji yang baru kembali, Indra Gunawan berpesan untuk selalu menjaga semangat ibadah yang telah tumbuh dalam hati selama berada di tanah suci.

"Saya mengimbau kepada bapak/ibu semua untuk menerapkan nilai-nilai suci dan hikmah yang telah dipelajari selama haji, serta untuk berbagi pengalaman kepada keluarga, teman, dan masyarakat di sekitarnya," lanjut H. Indra Gunawan.

Selain itu, pria yang akrab disapa Ujang Lurah ini juga mengatakan bahwasanya jamaah haji yang kembali dari mekah juga memberikan dampak yang positif bagi daerah sebagai duta kebaikan dan perdamaian, serta merupakan contoh nyata tentang nilai-nilai keimanan dan persaudaraan.

Untuk itu, Indra mengajak jamaah Haji agar dapat terus menyebarkan semangat kebaikan dan toleransi di tengah-tengah masyarakat di negeri Seribu Suluk ini.

Dipenghujung sambutannya Wabup Indra berharap ibadah haji yang di lakukan menjadi bekal yang berharga dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta menjadi inspirasi bagi semua orang untuk menghidupkan nilai-nilai agama dalam setiap aspek kehidupan.

"Terima kasih, dan selamat kembali di tengah-tengah keluarga dan masyarakat kita yang penuh dengan rasa  kebahagiaan" pungkasnya mengakhiri.

Usai Acara di Asrama Debarkasi Haji Antara Pekanbaru, para Jamaah Haji di berangkatkan menggunakan bus menuju daerah masing-masing, Untuk jamaah asal Kabun akan di sambut oleh keluarga di Masjid Al fajar Kabun, Jamaah Tandun di Masjid Ubudiyah Tandun, kemudian Jamaah Ujung batu, Pendalian IV Koto, Rokan IV Koto, Pagaran Tapah dan Kunto Darussalam akan di sambut sanak saudara di Ujung batu.

Lalu untuk Jamaah asal Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, BangunPurba, Tambusai, Tambusai Utara, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Bonai Darussalam akan di jemput keluarga di Islamic Center Rohul.***


Laporan : E.S.Nst

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex