Peringatan HUT Bhayangkara ke-77 Bupati Siak Harapkan Polri Kian Dekat Dengan Masyarakat

Sabtu, 01 Juli 2023 - 14:50:39 WIB
Share Tweet Google +

Siak, Catatanriau.com | Kepolisian Republik Indonesia secara serentak sabtu ini, mengelar apel bersama peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-77  tahun 2023.

Di kabupaten Siak sendiri, Peringatan HUT Bhayangkara ke 77 Kepolisian Resort kabupaten Siak mengelar apel bersama yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Siak, tanjung Agung kecamatan Mempura di ikuti seluruh anggota Polri.

Dalam rangka menyemarakkan hari jadi Polri ke ke-77 ini, masyarakat umum dapat ikut serta berbagi ucapan HUT Bhayangkara 2023. Adapun peringatan ulang tahun Bhayangkara ke-77 mengangkat tema 'Polri Presisi untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju'.

Bupati Siak Alfedri yang hadir pada perayaan itu, mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke 77 2023. Semoga Polri lebih profesional dan kedepan lebih baik lagi.

"Atas nama Pemerintah daerah kami mengucapkan dirgahayu Polri ke 77 semoga lebih profesional, cerdas dan Polri semakin dekat dengan masyarakat,"ujar Alfedri.

Bupati Alfedri juga menyampaikan kedepan tantangan dan tugas Polri semaikan berat, namun jika selalu bersinergi dan selalu berkoordinasi yang baik dengan seluruh pihak, itu akan menjadi mudah.

”Tugas kepolisian pertama mengayomi masyarakat, mewujudkan ke amanan dan ketertilan masyarakat dan pelakukan penegakan hukum demi mewujudkan rasa keadilan bagi masyarakat, ini lah tugas ke polisian yang memang ini sangat berat,"kata dia.

Alfedri menambahkan Kondisi yang aman dan damai di suatu negeri, merupakan prasyarat masuknya investasi di suatu daerah.

"Nah ini sudah dibuktikan kita telah mendapat penghargaan pelayanan perizinan Investasi terbaik untuk wilayah barat, tahun 2022 lalu yang di serahkan Presiden Jokowi kepada Wakil Bupati Siak di Wakatobi. Artinya masuknya investasi ke daerah tentu di awali dengan kondisi yang kondusif,"kata dia.

Alfedri juga mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Polres Siak yang sudah berjalan seperti Jum'at Curhat,"Kegitan ini sangat baik, setiap Jum'at turun ke kecamatan, ke Polsek. Kalau kami bujang kampung namanya, tujuannya sama untuk menjemput aspirasi dan silaturahmi dengan masyarakat,”ucapnya.

Bupati Alfedri juga mengapresasi kegiatan dan program yang dilaksanakan Polres Siak selama ini, termasuk juga koordinasi yang baik dengan forkopimda, dukungan terhadap Pemerintah daerah dan pembinaan kemasyarakatan.  

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK mengatakan Polres Siak tidak mungkin bisa bergerak atau bertugas mengelola Kantipmas ini, tampa dukungan dari Stakeholder TNI, Porkopinda tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya.

"Kami menyadari memiliki keterbatasan dan selalu mensinergikan kegiatan kita dengan Stakeholder,"kata dia.

Sekilas Bupati Siak tadi membahas tetang program Jum'at curhat adalah program Kapolri bersifat nasional.

"Jum'at curhat kita mendengar keluh kesah masyarakat, namun curhat yang dimaksud dalam program ini adalah curi hati masyarakat jadi bentuk bisa dalam bantuan sosial atau pelayanan SIM keliling atau kita mencarikan solusi kecil yang ada di masyarakat baik itu dari sudut pandang hukum restorative justice dan macam-macam,"kata dia.

Program yang berjalan secara nasional ini, ntah secara kebetulan atau respon pelaporan yang di sampaikan.

"Berawal, kami memang mengadopsi ini jujur aja pak, Program Pemda yang bernama bujang kampung, kami melihat ini bagus. Melalui program ini, setiap kegiatan kami menyampaikan pelaporan ke pimpinan, Jum'at curhat karena di apresiasi Presiden Jokowi melalui program pada saat itu sekaligus memulihkan citra institusi kami yang sedang di landa permasalahan,"tutupnya.***

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex