Tingkatkan Kemampuan Personil ,Sat Samapta Polres Siak Gelar Latihan Gabungan

Rabu, 14 September 2022 - 13:27:22 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Sebanyak 75 (Tujuh Puluh Lima) Personil Polres Siak melaksanakan kegiatan latihan Pengendalian Massa ( Dalmas ) di Lapangan Depan Mako Polres Siak yang dilatih langsung oleh Tim instruktur dari Direktorat Samapta Polda Riau yang dipimpin Kasubdit Dalmas AKBP Boni Fasius Siregar, SH, MH, Selasa (14/09/2022).

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja melalui Kasat Samapta Polres Siak AKP Cecep Sujapar yang diwawancarai disela sela latihan mengatakan adapun materi latihan yang diajarkan yakni Formasi Dalmas Awal, Formasi Dalmas Lanjutan,Cara Menggunakan Tameng dan Cara Negosiator.

“Kegiatan latihan Dalmas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan personil Polres Siak untuk mengatasi aksi unjuk rasa damai maupun pengendalian aksi massa yang anarkis secara profesional dan sesuai SOP”,Ucap AKP Cecep.

Lanjut AKP Cecep mengatakan bahwa pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menghadapi unjuk rasa nanti nya.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tutur AKP Cecep

Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas untuk persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Siak.

“Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,” terang Kasat Samapta

AKP Cecep menambahkan, bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan diantaranya kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan, tidak ada keragu raguan,” pungkasnya dia.

Turut hadir dan memantau langsung kegiatan latihan Dalmas tersebut Kabag ops Polres Siak Kompol Rahmad Hidayat, SIK dan Kanit Kanit Samapta Seluruh Polsek Jajaran Polres Siak.***

 

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex