Dalam Rapat Dengar Pendapat, Kades Rambah Minta Kontribusi PT. SLL Terhadap Masyarakat Tempatan

Selasa, 06 September 2022 - 10:53:33 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Desa Rambah dan PT. Sumatra Sylva Lestari (SSL) menggelar rapat dengan pendapat yang di fasilitasi oleh 
DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bidang Komisi II yang di pimpin langsung oleh Ketua Komisi Murkhas tepat nya di Aula Pertemuan DPRD Rohul. Senin (05/09/2022) Sekira pukul 04.00 Wib.

Dalam rapat gelar pendapat tersebut salah satu perwakilan Masyarakat Desa Rambah Jeri Mentos mengatakan, Masyarakat meminta kontribusi PT SSL terhadap masyarakat tempatan. 

"Pada prinsipnya, kami meminta kompensasi sebagaimana dilakukan PT SSL kepada desa lain yang ada di sekitar perusahaan, karena PT SSL juga termasuk dalam wilayah Desa Rambah," ujarnya.

Kades Desa Rambah Adi Saputra juga mengatakan hal sama tentang keinginan dari masyarakat, yaitu menuntut perlakuan yang sama dari perusahaan. 

"Kami prinsipnya meminta perlakuan yang sama, seperti, dibuatkan Koperasi Tanaman Hutan dan uang kompensasi," kata Kades.

Adi juga menjelaskan, dalam waktu dekat akan ada lagi pertemuan dan beliau juga meminta agar segera dilakukan pengukuran ulang terhadap lahan perusahaan yang masuk ke dalam wilayah Desa Rambah. 

"Kami berharap, agar perusahaan dapat menerima permintaan dari masyarakat tersebut," harapnya usai melaksanakan rapat dengar pendapat.

Terpisah, Humas PT SSL Andika Kurniawan mengatakan, perusahaan menghormati rapat dengar pendapat tersebut. 

"Mari kita hormati bersama rapat dengar pendapat tersebut, berkaitan dengan pola kemitraan tentu saja kita berpatok dengan aturan," kata Andika.

"Lalu poin dalam RDP juga akan menjadi bahan masukkan bagi manajemen perusahaan," tambah dia. 

Dia juga menerangkan, terkait pengukuran lahan akan dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten. 

"Berkaitan dengan upaya pengukuran lahan  tentu saja harus dilakukan tinjauan dan pengukuran bersama, berapa lahan Desa yang masuk dalam konsesi perusahaan yang tidak lain adalah kawasan hutan," bebernya. 

"Pada dasarnya perusahaan menyambut baik kemitraan bersama masyarakat," pungkas Andika.***


Laporan : E.S Nst



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex