Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-61, Ketua Kwarran 03 Minas Bertekad Pramuka di Minas Bisa Lebih Baik

Jumat, 02 September 2022 - 13:38:29 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Kwartir Ranting (Kwarran) 03 Minas pada Kamis (01/09/2022) kemarin melaksanakan upacara peringatan hari Pramuka ke-61, bertempat di lingkungan Sekolah Dasar (SD) Komplek (SDN 01,02,03) Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

"Mestinya memang kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus kemarin, sebab itu merupakan hari Pramuka disetiap tahunnya. Namun, ditanggal tersebut kegiatan upacaranya telah dilaksanakan di Kwartir Cabang Siak, sehingga kegiatan untuk Kwarran kita tunda hingga hari Kamis kemarin," ujar Mukhtasar SPd, selaku Ketua Kwarran 03 Minas kepada Wartawan media ini, Jumat pagi (02/09/2022).

Dijelaskan Mukhtasar, pada kegiatan itu juga dihadiri langsung oleh PLT Camat Minas Muhammad Darwis,S.Sos, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) dan Kepala Korwilcam Minas Disdikbud Siak Asmuni Samsir,MP,d serta seluruh kepala sekolah yang ada di Kecamatan Minas.

"Kegiatan kita undur dibulan September, mengingat pada Agustus kemarin kegiatan cukup padat, seperti kegiatan memperingati HUT RI ke-77," kata dia.

Tak hanya itu kata Mukhtasar, pada malam harinya pihaknya juga melakukan kegiatan ulang janji kepada pembina-pembina yang telah lama membina anak-anak Pramuka khususnya di Kawarran 03 Minas.

"Dalam acar tersebut kita menyerahkan sebanyak 120 orang Pramuka Garuda, terdiri dari 135 Pramuka siaga, penggalang 80 orang, penegak 5 orang. Kita juga melakukan penyerahan medali dari ketua kwartir ranting kepada dewan kerja ranting, berupa sertifikat dan trophy. Sebab, Alhamdulillah untuk DKR kita mendapatkan peringkat 2 terbaik se-kwartir cabang Siak, dan juga hadiah thropy Kwarran tergiat se-kwartir cabang Siak," ujarnya.

Dalam upacara tersebut kata Mukhtasar, pihaknya juga menyerahkan piagam penghargaan dan thropy kepada masing-masing gugus depan tergiat.

"Tergiat 1 ditingkat SD itu adalah SDN 03 Minas, kemudian tergiat satu ditingkat SMP adalah SMPN 3 Minas, sementara untuk tingkat SMA sederajat tergiat satu diraih oleh SMAN 1 Minas," ungkapnya.

Disinggung mengenai target kedepannya untuk kemajuan Pramuka di Kwarran 03 Minas, Mukhtasar mengatakan pihaknya akan terus berbenah dan berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi.

"Kita akan terus meningkatkan latihan-latihan kepramukaan, terutama untuk Pramuka-pramuka penegak, karena Pramuka penegak ini merupakan aset kita untuk melanjutkan peningkatan kejenjang yang lebih tinggi," katanya.

Namun demikian, ia pun tak menepis masih adanya sedikit kendala di lapangan terkait kegiatan kepramukaan khususnya di Kawarran 03 Minas.

"Untuk kendala di lapangan, mungkin ini karena anak-anak kita letak alamatnya berjauhan, sehingga komunikasi untuk datang kepusat kegiatan Pramuka mengalami ragam kendala, namun demikian kita akan tetap berusaha agar semuanya dapat berjalan dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.***


Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex