Cegah DBD, Babinsa Koramil 03/Minas Dampingi Pihak Puskesmas Lakukan Fogging

Rabu, 20 Juli 2022 - 13:30:00 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dalam rangka mengantisipasi timbulnya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Koramil 03/Minas Serka Alif Nurhaqqi, ia bersama petugas medis dari Puskesmas Minas dan Bidan Desa Pustu Kampung Minas Timur, melaksanakan kegiatan Fogging di pemukiman warga, di wilayah Kampung Minas Timur, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (20/07/2022).

Dijelaskan Serka Alif, fogging ataupun pengasapan ini dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.

"Insektisida inilah yang kemudian akan bekerja membunuh nyamuk dewasa penyebab menyebarnya penyakit DBD," kata Serka Alif.

Menurutnya, kegiatan Fogging yang dimotori Pihak Puskesmas Minas dan dibantu Babinsa tersebut dilakukan dengan menyisir rumah-rumah warga, khususnya dilingkungan yang memiliki genangan air atau tempat yang berpotensi berkembangnya jentik nyamuk aedes aegypti.


“Dalam hal ini kita menyasar sejumlah lingkungan warga yang dikhawatirkan jadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti, kami lakukan kegiatan Fogging sebagai upaya mencegah berkembang biaknya nyamuk penyebar demam berdarah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Serka Alif menghimbau kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pekarangan rumah guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk, diantaranya dengan melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur.

“Lingkungan bersih wargapun sehat,” Pungkasnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex