Plh Camat Minas Muhammad Darwis beserta Drh Ika Yunia dari Puskeswan Minas saat ditemui wartawan di Ruang Kerja Plh Camat.

Plh Camat Minas Sebut PMK Hewan Ternak Nihil di Kecamatan Minas, Berikut Langkah Yang Diambil

Rabu, 13 Juli 2022 - 08:40:30 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Rabu (13/07/2022). Pelaksana Harian (Plh) Camat Minas Muhammad Darwis didampingi oleh Drh Ika Yunia dari Puskeswan Minas serta Mudasir selaku ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) Kelurahan Minas Jaya, pihaknya menyebut di Kecamatan Minas hingga saat ini nihil ditemui adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak khususnya sapi. 

Plh Camat Minas Muhammad Darwis mengatakan, terhitung sejak Jumat (08/07/2022), hingga pemotongan hewan qurban pada hari Ahad (10/07/2022) kemarin, berkat kerjasama dari seluruh Penghulu dan Lurah maupun Puskeswan dan LPM serta seluruh pengurus Masjid ataupun tokoh masyarakat, terdata hewan Qurban di Kecamatan Minas berjumlah 252 ekor kambing dan sapi dan seluruhnya terbebas dari PMK.

"Alhamdulillah dari kondisi tersebut, untuk Kecamatan Minas penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan sapi belum ada ditemui, namun untuk penyakit Lumpy skin diseses (LSD) sudah ada ditemui, akan tetapi sudah kita tanggulangi dengan memberikan penyuntikan vaksinasi dan saat ini Alhamdulillah sudah sembuh," kata Muhammad Darwis kepada Wartawan media ini, Rabu (13/07/2022).

Selain itu kata Darwis, hingga saat ini pihaknya dengan pihak Puskeswan beserta para Penghulu dan Lurah tetap membantu untuk melakukan pemantauan tentang penyakit PMK tersebut.

"Tentu kita berharap agar kedepannya tidak ada di Kecamatan Minas ini hewan yang terjangkit PMK," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula Drh Ika Yunia dari Puskeswan Kecamatan Minas, ia juga mengaku untuk PMK terhadap hewan ternak sendiri saat ini Alhamdulillah belum ada ditemui di Kecamatan Minas. Adapun untuk penanggulangan yang telah dilakukan pihaknya bersama pihak Kecamatan dan para Penghulu serta Lurah yang ada, kata dia mereka sudah melaksanakan komunikasi, edukasi dan informasi (KEI) terkait PMK tersebut disetiap Kelurahan dan Kampung di Kecamatan Minas.

"Kami juga sudah berkoordinasi dilapangan melalui sosialisasi dengan turun langsung berasama para Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak khususnya di Kecamatan Minas. Sejauh ini hal itu yang telah kita lakukan. Nah, mengenai SK Satgas mungkin nanti akan segera dilaksanakan bersama-sama dengan pihak Kecamatan Minas," urainya.

Selaras dengan Plh Camat dan Drh Ika Yunia, Mudasir selaku Ketua LPM dan Bapekam di Kelurahan Minas Jaya yang juga ikut saat diwawancarai oleh Wartawan, ia mewakili seluruh LPM dan Bapekam Se-Kecamatan Minas mengatakan sejauh ini untuk PMK terhadap hewan ternak belum ada temuan. Namun demikian imbuhnya, masyarakat harus tetap waspada terhadap PMK tersebut khususnya bagi warga peternak sapi.

"Dan kalau memang ada temuan tolong langsung dihubungi petugas Puskeswan ataupun dokter hewan untuk dapat dilakukan penanggulangan. Dalam hal ini kita semua harus saling mengisi dan saling bahu membahu agar PMK terhadap hewan terhindar di Kecamatan Minas ini khususnya," pungkasnya.(Infotorial).


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex