MENU TUTUP

Tiang Kabel Jaringan Internet Diduga Tanpa Izin Menjamur di Rohul, Ketum HMI Angkat Bicara

Rabu, 20 April 2022 | 23:24:51 WIB Dibaca : 1260 Kali
Tiang Kabel Jaringan Internet Diduga Tanpa Izin Menjamur di Rohul, Ketum HMI Angkat Bicara

ROHUL, CATATANRIAU.com | Tidak mampunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menertibkan marak dan menjamurnya pemasangan tiang-tiang kabel jaringan internet di negeri seribu suluk membuktikan saat ini Pemkab Rohul begitu lemah dalam menggali potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi.

Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Rohul, Wikki Yuliandra, Rabu (20/04 2022).

"Jika benar-benar Pemkab Rohul serius, pemasangan tiang-tiang kabel jaringan internet oleh perusahaan provider itu justru bisa digali sebagai sumber potensi PAD bagi daerah ini.Namun, kan tidak demikan.Justru, para pengusaha provider 'bebas' memasang/mendirikan tiang-tiang kabel jaringan internet di hampir sudut kawasan yang ada di Rohul.Bukti, Pemkab Rohul sangat lemah melihat potensi itu,"tegasnya.

Wikki dalam kesempatan itu sangat menyayangkan sekali bahwa hingga saat ini Pemkab Rohul juga tidak memiliki 'payung hukum' terkait pemasangan tiang-tiang kabel jaringan internet di daerah ini.

Hal itulah,katanya, dimanfaatkan oleh para pengusaha provider jaringan internet dengan seenaknya memasang tiang-tiang kabel jaringan internet di Rohul ini.

"Kita (HMI-red) tidak menolak adanya jaringan internet hingga ke pelosok negeri seribu suluk ini.Tapi, janganlah sampai merusak estetika daerah ini.Coba pak Bupati lihat di sepanjang Jalan Tuanku Tambusai itu, terlihat tiang-tiang kabel jaringan internet begitu semrawut, "katanya prihatin.

HMI Rohul, sambung Wikki berharap kepada Pemkab Rohul khususnya Bupati Rohul, Sukiman untuk meminta jajarannya untuk segera menertibkan tiang-tiang kabel jaringan yang diduga tidak mengantongi izin.

Sebab, bilang Wikki, berdasarkan informasi yang diperoleh dari dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), tak ada satupun perusahaan provider jaringan internet melakukan pengurusan ke dinas tersebut.

"Jadi, sekali lagi kita (HMI) berharap kepada pak Bupati Rohul menjadikan persoalan ini jadi perhatian.Karena kita tidak mau Rohul khususnya di Pasir Pengaraian sebagai Ibukota Rohul tampak kumuh dan semrawut karena kabel-kabel jaringan internet itu.Apalagi, tak satupun yang berkontribusi untuk PAD daerah ini,"harapnya lagi.

Disisi lain, HMI Rohul juga meminta kepada DPRD Rohul untuk segera menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) terkait izin pendirian tiang-tiang kabel jaringan internet di Rohul.

Sebab, katanya, tidak bisa dipungkiri di era digitalisasi ini Rohul tidak luput dari 'serangan' pengusaha-pengusaha provider jaringan internet.

"Jika nantinya ada Perda selain pemasangannya bisa diatur, juga potensi PAD bisa digali dari retribusinya.Ini kan bisa menjadi pemasukan bagi kas daerah,"pungkasnya.***


E.S Nst



Berita Terkait +

Pimpin Anev Gabungan Penanganan Karhutla, Ini Penjelasan Kapolres Inhu

Tanpa Lelah! Babinsa Koramil 04/Perawang Ajak Warga Binaan Giat Penanggulangan Karlahut di Kampung Kuala Gasib

Wabup Siak Husni Merza Kukuhkan Anggota Paskibra HUT RI Ke-77

Bersama Masyarakat di Muara Kelantan, Serda Holmes Pasaribu Lakukan Giat Patroli Karhutla Serta Peninjauan Kanal

Serma Zulkifli & Sertu Ardhisyam Babinsa Koramil 03/Minas Lakukan Sosialisasi Pentingnya Memahami Nilai Pancasila Terhadap Warga Binaan di Kampung Pancasila 

Sekwan Paket Lengkap, Ketua DPRD Mau Buktikan Tidak Ada Penambahan Cuti

Dorong Solidaritas dan Soliditas Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Minas Gelar Halal Bi Halal 

Klarifikasi & Permintaan Maaf Ketua RT 05 Mengenai Pembangunan Tembok Oleh PT PATRA NIAGA

Pengecekan Pospam Ops Lilin Lancang Kuning 2023 oleh Kapolres Kampar di Wilayah Hukum Polres Kampar

Bakti Sosial AKABRI 91, Polsek Minas - Polres Siak Bantu Anak Pendrita Bibir Sumbing Lakukan Oprasi

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Safari Ramadhan di Desa BPTJ, Wabup Rohul Komitmen Pembangunan Masjid

4

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam

5

Perpisahan Pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Inisiasi Simposium Pelajar : Mendorong Orang Muda Muncul ke Permukaan

6

Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil