MENU TUTUP

Warga Keluhkan Kondisi Pasar Tuah Serumpun Yang Semerawut, Camat Tualang Sebut Belum Ada Keluhan Masyarakat!

Sabtu, 03 Februari 2024 | 09:32:36 WIB Dibaca : 585 Kali
Warga Keluhkan Kondisi Pasar Tuah Serumpun Yang Semerawut, Camat Tualang Sebut Belum Ada Keluhan Masyarakat! Kondisi Pasar Tuah Serumpun di Kecamatan Tualang Yang Tampak Semerawut.

Siak, Catatanriau.com | Warga di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, mengeluhkan kondisi Pasar Tuah Serumpun yang semakin memprihatinkan karena penataan pusat perbelanjaan untuk peningkatan perekonomian bagi pelaku usaha mikro ini semakin semrawut.

Pasalnya, hingga saat ini diduga belum ada realisasi tindakan tegas yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Tualang terhadap pedagang di Jalan Raya Kilometer 4 yang berjualan. Padahal, keberadaan pedagang yang berjualan dibadan jalan tersebut menyebabkan kemacetan di pagi hari saat aktivitas warga sedang tinggi-tingginya.

Pantauan awak media,  Jumat (02/02/2024) puluhan pedagang masih banyak yang berjualan diatas trotoar dan di bahu jalan. Bukan hanya menggunakan meja yang dibentangkan panjang hingga menutupi sebagian badan jalan, bahkan sejumlah pedagang lainnya menggunakan mobil untuk berjualan dengan cara diparkirkan di bahu jalan.

Sementara, pembeli memarkirkan kendaraan mereka di pinggir jalan sehingga semakin mempersempit ruas jalan, atau sengaja berhenti tepat didepan lapak pedagang tanpa turun dari kendaraan sehingga menambah menghambat arus lalu lintas dikawasan padat tersebut.

Hal ini dikeluhkan oleh salah seorang pengendara mengaku kesal dengan kemacetan yang kerap terjadi di jalan tersebut.

"Bagaimana tidak kesal, mereka berjualan sampai menutup jalan, kalau dalam keadaan darurat bagaimana, seperti bawa orang sakit, sedangkan yang sehat saja bisa sakit melihat kondisi ruas jalan yang sudah tidak tertata dengan baik tersebut padahal pusat kota,” ujarnya.

Dirinya berharap pemerintah daerah dapat menindak tegas keberadaan para pedagang pasar tersebut. Karena sudah sangat meresahkan dan menghambat aktivitas pengendara.

”Kami maunya mereka ditertibkan. Ini kan sudah jelas melanggar peraturan yang ada, memangnya mau sampai kapan mereka berjualan di bahu jalan, kembalikan hak penggunaan jalan sebagimana seharusnya,” harapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang pejalan kaki yang mengaku harus berjibaku melawan arus kendaraan, lantaran haknya sebagai pengguna trotoar dirampas secara paksa oleh pedagang kaki lima yang berjualan disekitar jalan raya tersebut.

”Susah memang kalau sudah seperti ini dibiarkan oleh pemerintah Kecamatan tanpa ada tindakan yang pasti, makanya hak kami sebagai pejalan kaki pun tidak diindahkan lagi sama mereka yang sengaja membuka lapak diatas trotoar dan memaksa kami harus melintasi badan jalan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tualang Mursal saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan akan melaksanakan rapat bersama Upika dan masyarakat.

"Siap bos, Alhamdulillah atas informasinya Insyaallah hari Selasa kami akan cek dilapangan bersama Dinas Pasar abis tu baru rapat Upika dan masyarakat," kata Camat singkat.

Keberadaan pedagang yang berjualan di trotoar dan badan jalan tersebut, Mursal tidak menapik kondisi pasar tuah serumpun selama ini, hanya saja dia mengatakan bahwa belum ada keluhan masyarakat.

"Bukan tak tau toke tapi kalau udah ada keluhan semacam ini, menjadi bahan kami bos," tutupnya.(rls/rick).

Editor : Idris Harahap 


 



Berita Terkait +

Warga Desa Tandun Resah, Diduga Limbah PKS PTPN V Sei Tapung Cemari Sungai Tapung

Diduga Tercemar Limbah, Ikan di Sungai Siak Mengapung Kepermukaan

Prihatin Dengan Kabut Asap, KKLM Kayu Ara Permai SIAK Bagikan 1000 Masker

POLRES dan DLH Kuansing Lakukan Pengecekan Lokasi Limbah PT. Tamora Agro Lestari (TAL)

Serda SE.Sinulingga Lakukan Patroli Karlahut Bersama Masyarakat Kampung Minas Timur

Heboh Pemberitaan Galian C di Beberapa Media, Ini Tanggapan Gementararaya & GWI-Riau

Elavasi Air PLTA Koto Panjang Naik ke Level 81 Mdpl, Masyarakat Yang Berada DAS Sungai Kampar Waspada

Banjir Melanda Rohul, Ini Penjelasan Dari Kepala BPBD

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Berikut Perkiraan Cuaca di Riau Untuk 2 Juni 2023

RDP Limbah PT Serikat Putra Perwakilan Kompak Bungkam Kepada Wartawan

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Diantar Ulama dan Ratusan Massa, Dr.Afni Mendaftar ke PKB Siak

2

Buntut Bnyak Sekolah Pungut Duit Siswa, Pj Gubri Diminta Copot Kadisdik Riau

3

Dukung Program MK QWPP Piket SPKT Polsek Bonai Darussalam Laksanakan Patroli Di Tempat Ibadah

4

Arwin Pindah Hati Dari Alfedri ke Afni di Pilkada Siak 2024

5

Kopi Boi Tawarkan Nobar Seru Indonesia vs Uzbekistan

6

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita