MENU TUTUP

Konservasi Gajah dan Argoforestri PHR Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

Kamis, 14 Desember 2023 | 20:21:35 WIB Dibaca : 500 Kali
Konservasi Gajah dan Argoforestri PHR Kembali Raih Penghargaan Bergengsi PT PHR menerima penghargaan TJSL atas program Konservasi Gajah dan Agroforestri. Penghargaan diberikan pada anugerah Corporate Social Rwsponsibility (CSR) IDX Channel 2023._

Jakarta, Catatanriau.com | PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) kembali menerima penghargaan atas salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) nya yaitu Konservasi Gajah dan Agroforestri. Apresiasi tersebut diberikan pada pergelaran Anugerah Corporate Social Responsibility (CSR) IDX Channel 2023, dalam Kategori Inisiatif Pengembangan Lingkungan (Environmental Development Initiatives).

 

PHR dianggap telah memenuhi tiga aspek utama dalam penilaian, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, keberlanjutan, aspek GCG, dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis.

 

“Dalam program Konservasi Gajah, PHR bekerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) berkomitmen untuk terus melindungi dan melestarikan gajah dan habitatnya. Gajah adalah hewan yang penting dalam ekosistem, dan mereka memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan alam”, ujar Manager CSR Pertamina Hulu Rokan Pinto Budi Bowo Laksono.

 

Pinto menambahkan, beberapa strategi untuk mewujudkan konservasi gajah yang telah dilakukan seperti pemanfaatan teknologi dengan pemasangan GPS Collar pada gajah, penguatan sinergi pengembangan masyarakat untuk edukasi, pengembangan habitat dan koridor untuk gajah, serta pertanian agroforestri.

 

Pada program agroforestri, dilakukan untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat, pemulihan habitat gajah dan pengurangan konflik antara gajah dan manusia.

 

Secara umum, program ini berupa pengembangan sistem agroforestri di lahan-lahan masyarakat yang kerap berkonflik dengan gajah. Masyarakat yang lahannya berada di home-range dan perlintasan gajah dilibatkan. Dengan menanam berbagai jenis tanaman yang rendah gangguan dari gajah, namun bernilai ekonomi tinggi.

 

Inisiatif program agroforestri ini memiliki manfaat yang multi dimensi. Selain mendukung pengurangan jejak karbon melalui penanaman pohon, menjaga keanekaragaman hayati, memberdayakan ekonomi masyarakat, juga memperbesar ruang di mana gajah dapat diterima oleh masyarakat. Dengan demikian ruang-ruang yang berpotensi konflik akan mengecil.

 

"Kami sangat bangga menerima penghargaan dari IDX ini. Ini merupakan pengakuan atas komitmen kami untuk melindungi lingkungan dan mendukung pembangunan berkelanjutan," ucapnya.

 

PHR berkomitmen untuk terus menjalankan program konservasi gajah dan agroforestri. Program-program tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.


Anugerah CSR IDX Channel 2023 diselenggarakan untuk menghargai perusahaan-perusahaan yang telah melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR), berkolaborasi dengan beberapa asosiasi CSR terkemuka di tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan tahun ketiga dan kali ini CSR Award mengusung tema ‘Enhancing CSR Strategy to Drive Impactful Transformation’. Tema ini dipilih dengan tujuan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah menjalankan inisiatif CSR yang memberikan dampak positif pada bisnis, masyarakat, dan lingkungan selama periode pemulihan ekonomi.

 

Tahun ini, kegiatan melibatkan Juri Kehormatan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki dan diikuti oleh 37 perusahaan yang mengusulkan 47 program CSR dari berbagai sektor. IDX Channel, sebuah stasiun televisi berita bisnis 24 jam, turut berperan sebagai mitra penyelenggara dalam menyajikan berita dan informasi bisnis dari Bursa Efek Indonesia melalui kerjasama antara Media Nusantara Citra dan Bursa Efek Indonesia.***

Laporan : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Jaga Keamanan OVN, Babinsa Koramil 03/Minas Senantiasa Lakukan Patroli Drilling

Pj Bupati Kampar Resmikan Mushollah Ubudiyah Bangkinang Kota Menjadi  Masjid

Bhabinkamtibmas Minas Timur Lakukan Pengamanan & Pendampingan Pembagian BLT Kampung Minas Timur

Bupati Siak Salurkan 170 Paket Bantuan Pangan Olahan Ikan di Kampung Tualang

Cegah Karlahut, Serma Benriyadi Babinsa Koramil 03/Minas Bersama Tim & Warga Binaan di Lubuk Umbut Giat Patroli Rutin

Anggota Koramil 03/Minas Pelda Zulkifli Giat Pendampingan Vaksinansi Hewan Ternak Antisipasi PMK

Melalui Komsos, Sertu Joko Purnomo Sampaikan Nilai-nilai Pancasila Kepada Warga Binaannya di Kampung Pancasila

Peduli Covid-19, DWP Kandis Bagikan 550 Pcs Masker Kain Seraya Anjurkan Penerapan PHBS

PLN Cabang Rokan Hulu Buka Layanan Pengaduan Lonjakan Tagihan Listrik

Kumpulkan Bhabinkamtibmas dan Kanit Binmas, Ini Penekanan Kapolres Inhu

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Harlades Pertama Desa Pemandang: Momentum Bersejarah Untuk Kemajuan Desa

2

Kecewa, Janji Humas PT. GWDC Tak Kunjung Ditepati, Pemuda Bangko Pusako Stop Operasi PT GWDC

3

PLTA Koto Panjang Hari ini Akan Menambah Bukaan Pintu Pelimpahan Air Waduk

4

Pj.Sekda Kampar Ahmad Yuzar Saksikan Sertijab Plt.Kepala Dinas Kominfo Dari Irwan Ar Ke Arizon SE

5

Untuk Perluasan HTI, Lagi, PT RPI di Inhu Serobot dan Merusak Kebun Masyarakat

6

Mendaftar Sebagai Calon Bupati di Demokrat, Indra Gunawan Ingin Membawa Perubahan Terhadap Kabupaten Siak