MENU TUTUP

Mengenang History Rokan Hilir Lewat Pergelaran Festival Bagan Heritage

Kamis, 07 Desember 2023 | 19:43:36 WIB Dibaca : 1001 Kali
Mengenang History Rokan Hilir Lewat Pergelaran Festival Bagan Heritage

Rohil, Catatanriau.com | Putera Puteri Daerah of Colaboration Rokan Hilir menggelar opening Bagan Heritage Tahun 2023 dengan tema "Mengenang History Rokan Hilir" di jalan Mawar Bagansiapiapi. Event yang di maksud untuk membuka kembali mata masyarakat terhadap warisan bersejarah di Bagansiapiapi bertempat di depan Gereja tertua di Riau yakni Gereja katolik Santo Paulus & Petrus agar mata para penonton di suguhkan langsung dengan bukti2 nyata yang masih berdiri kokoh di tengah masyarakat. P2DC sebagai pelaksana dengan dukungan penuh dari Pemkab Rokan Hilir terkhusus Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Rokan Hilir mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap event yang berjalan.

Bagi P2DC, Bagan Heritage merupakan pagelaran kedua setelah sukses nya Bagan Culture di 4 bulan silam. Sama hal nya dengan event sebelum nya, kali ini P2DC kembali menghadirkan tamu spesial yaitu Kanda Muhammad Yasir seorang aktivis khazanah yang merupakan keturunan ke 7 dari silsilah Tuanku Tambusai. Acara opening ini dihadiri langsung oleh bapak H. Fauzi Efrizal selaku Sekretaris Daerah Rohil, Kadis Parpora Rohil bapak Budiman ST, Kabid Destinasi Disparpora bapak Wely Zukiar ST, jajaran FORKOPIMDA Rohil, ketua GMRB Nalladia Ayu Rokan, serta ketua SAMPAN (Sedinginin Musim Potang) kanda Muhammad Rasuma Febri S.Kom.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong S.IP., M.Si dalam kata sambutannya yang diwakili oleh Sekda Rohil mengungkapkan apresiasi terhadap P2DC yang senantiasa bersinergi bersama Pemerintah dan berharap besar agar warisan di tanah Bagansiapiapi tak mati dimakan waktu. Sebaliknya, atas nama P2DC, Nanda Pertiwi S.Pd dan Rozy Sunaryo ST mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Rokan Hilir atas amanah yang diberikan, dalam kata sambutan yang sama, mereka berharap pemerintah dan masyarakat tetap merasakan ada nya P2DC di tengah masyarakat.

Di malam opening, masyarakat Bagansiapiapi disuguhkan dengan penampilan dari pemuda/i rohil melalui gerak tarian dari sanggar susun sirih dan gemuruh musik yang dimainkan oleh Hoga Band. Tak mau kalah dengan junior nya, band legendaris 1970-an “Taruna Nada” kembali memetik senar dan membuat suasana nostalgia semakin terasa, walau umur personil nya yang terbilang tak lagi muda namun semangat jiwa muda masih melekat pada mereka. Prestasi-prestasi putra/i daerah juga diperkenalkan dengan hadirnya Bujang & Dara Rokan Hilir, Duta Anak Rokan Hilir, Putri Remaja Riau Kebudayaan, dan raihan kebanggaan lainnya.

Dihari ke dua pada 2 Desember 2023 Seminar Edukasi Objek Wisata sebagai rangkaian dari Bagan Heritage 2023 diadakan teruntuk 50 pelajar SMP dan SMA di Kec. Bangko. Menghadirkan narasumber yang piawai dalam hal sejarah terkait Bagansiapiapi tentunya. Kehadiran kanda Muhammad Yasir dari Negeri Sembilan Malaysia memberi warna baru dalam pemahaman peserta seminar terhadap kehidupan mula di Bagansiapiapi, pelajaran peran Tuanku Tambusai dalam historis Rokan Hilir yang tak ada di bangku sekolahan bisa diketahui langsung dari cucu pahlawan berjuluk Harimau dari Rokan itu. Peserta seminar sangat antusias pada sesi tanya jawab guna menyingkirkan rasa penasaran mereka dengan kisah-kisah perjuangan Tuanku Tambusai di Rokan Hilir.

Dalam kesempatan yang sama, kanda Rio selaku ketua dari Bagan Tempo Doeloe memberikan penjelasan spesifik mengenai sejarah di Bagansiapiapi lewat objek-objek warisan yang masih nyata didepan mata. Di akhir seminar ini, peserta di ajak berkeliling ke beberapa objek warisan tersebut dengan di pandu langsung oleh ketua Bagan Tempo Doeloe. Tour Bagan Heritage ini dimulai dari bangunan lama Bank Majoe Bagansiapiapi, Kediaman Bupati Rokan Hilir, Asrama Polisi, RSUD Dr. Pratomo, dan diakhiri dengan Gereja Katolik Santo Paulus & Petrus. Walau tak secara keseluruhan, sekiranya mereka bisa mengetahui historis singkat dari beberapa objek bersejarah tersebut terbukti dengan rasa takjub dan keingintahuan mereka yang terlihat saat satu demi satu objek wisata itu di lihat secara langsung.

“Warisan dan sejarah yang sudah berlalu perlu kita bina, tapi jangan sesekali kita menginginkan sejarah yang sama terulang kembali. Karena, kita perlu membuat warisan dan sejarah baru untuk kehidupan dimasa lain” ucap Muhammad Yasir di akhir Seminar Edukasi Objek Wisata Bagan Heritage 2023. Selaras dengan beliau, ketua SAMPAN juga menginginkan hal serupa, yakni putra/i daerah harus sama-sama bersinergi untuk menciptakan sejarah baru yang berharga bagi anak cucu nya nanti. Keinginan kuat untuk menggali potensi putra/i daerah di tuangkan oleh P2DC dengan selalu melibatkan mereka untuk bereskpresi dengan karya-karyanya pada setiap agenda yang dilaksanakan.

Selepas Seminar Edukasi Objek Wisata Bagan Heritage 2023 dilaksanakan, panggung Bagan Heritage kembali diisi oleh putra/i terbaik daerah dengan beragam penampilan yaitu tarian, dance, teater komedi, serta band. Kemeriahan malam penutupan itu diakhiri dengan penampilan dari Hoga Band yang membuat suasana gemuruh dan semakin memancing masyarakat untuk merapat.

Kerja keras dari panitia pelaksana ini cukup mustahil untuk sampai dititik kepuasan jika tanpa support dari Pemkab Rokan Hilir. Sosok-sosok dibelakang layar yang selalu mengulur tangan membantu agar semua berjalan dengan lancar. Ketua P2DC dalam sambutan nya yang mengungkap bahwa hadirnya sosok-sosok hebat dari Dinas Parpora Rohil memberikan semangat tersendiri kepada mereka, tersebut pula nama Iman Syahrial S. Kom yang merupakan Kasi Pariwisata setelah akhirnya diangkat oleh Bupati Rokan Hilir sebagai Kepala Bidang Damkar di Rokan Hilir. “...terkhusus kepada pak Iman yang selalu men support kami setiap saat kami membutuhkan apa yang diperlukan.” Ucap Rozy Sunaryo ST.

Kedepannya P2DC berkomitmen mewujudkan sebuah penyatuan dengan mengedepankan rasa kasih dan sayang. Nanda Pratiwi S.Pd selaku Ketua Pelaksana Bagan Heritage berharap kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahunnya.****

Laporan : Tiyna



Berita Terkait +

Ketua PMI Rohul Himbau Kader & Relawan PMI Untuk Membantu Korban Banjir

Wikan Adhi Cahya, SH Resmi Jabat Kasi Perdata & TU Negara Kejari Rohul, Gantikan Roni Saputra SH

Diperkirakan 468 CJH Rohul Akan Diberangkatkan Tanggal 18 & 24 Mei Tahun 2024

Kapolsek Kuala Kampar Pimpin Monitoring Bapokmas

Antisipasi Gangguan OVN di PT PHR Minas, Serma M. Nasir dan Sertu Ardhi Syam Rutin Patroli Lokasi Drilling 

Antisipasi Gangguan OVN di PT PHR Minas, Serma M Nasir dan Sertu Ardhi Patroli Rutin di Lokasi Drilling 

Ditresnarkoba Polda Riau Musnahkan Barang Bukti 18 KG Sabu Hasil Pengungkapan Jaringan Internasional

Bersempena HUT DWP Ke-22 Tahun 2021, DWP Rohul Santuni Anak-anak Pantai Asuhan

Kodim 0322/Siak Dan Persit KCK Cab XXXVII Lakukan Pembagian Takjil Ramadhan Didua Titik Lokasi

AKP DA Simangunsong Pimpin Giat Rutin Polsek Minas Laksanakan Percepatan Vaksinasi

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

PDIP dan PKB Memiliki Histori, M Shohibul Ahsan, SE Daftar Calon Wakil Bupati Pelalawan Ke PDIP

2

Lagi, Polsek Rengat Barat dan Polsek Lirik Bekuk Pengedar Sabu

3

Rombongan Gajah Liar Kembali Masuk Kampung Dan Rusak Rumah Warga Di Minas

4

Pertamina Hulu Rokan Pamerkan Inovasi Teknologi di Oman Petroleum & Energy Show 2024

5

Hadir di Bagholek Godang Masyarakat Kampar, Ini Kata Arfan Usman

6

Daftar ke Enam Parpol, Dr.Afni Optimis Berlayar di Pilkada Siak