MENU TUTUP

MoU Menkes RI, APRIL Group Dukung Penguatan Kesehatan Skema PPP

Rabu, 26 Juli 2023 | 00:07:44 WIB Dibaca : 615 Kali
MoU Menkes RI, APRIL Group Dukung Penguatan Kesehatan Skema PPP MoU Menkes RI, APRIL Group Dukung Penguatan Kesehatan Skema PPP, Selasa 25 Juli 2023

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Memorandum of Understanding (MoU) antara APRIL Group dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin ditanda tangani Selasa 25 Juli 2023 di Puskesmas Berkilau Pangkan Kerinci. MoU penyiapan sistem integrasi layanan primer di kabupaten Pelalawan, Siak dan Kuantan Singingi  memperkuat organsiasi pelayanan kesehatan, serta memperkuat sistem deteksi dan sistem rujukan.

APRIL Group, produsen pulp dan kertas yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, ambil bagian dalam mendukung program prioritas pemerintah dalam penguatan integrasi layanan kesehatan primer melalui skema Public-Private Partnership (PPP) dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Bentuk kolaborasi melalui skema PPP ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan bersama APRIL yang bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan mimimal (SPM) kesehatan  bagi masyarakat, khususnya kesehatan ibu hamil dan anak balita, remaja, usia produktif dan lansia serta  mendorong deteksi dini  dan percepatan rujukan di tingkat pelayanan kesehatan primer melalui pendekatan siklus hidup.

Dalam skema PPP ini, bentuk kolaborasi yang APRIL lakukan meliputi penyediaan lebih dari 800 unit alat kesehatan deteksi dini yang terdiri dari 21 jenis, termasuk alat USG 2D, EKG, Doppler, infant warmer, antropometri, dan alat kesehatan lainnya. APRIL juga berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam pemberian dukungan pelatihan untuk penggunaan alat kepada tenaga kesehatan.

Seluruh alat kesehatan dan pelatihan ditujukan untuk 30 puskesmas di tiga kabupaten yang berdekatan dengan kegiatan operasional APRIL, yaitu Pelalawan, Siak, dan Kuantan Singingi, yang akan dimulai pada 2023. Dari pihak pemerintah, akan mendukung penyiapan sistem integrasi layanan primer di tiga kabupaten tersebut, yang akan memperkuat organsiasi pelayanan kesehatan, serta memperkuat sistem deteksi dan sistem rujukan.

Kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara APRIL Group dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di tandai Penandatanganan MoU dilakukan di Puskesmas Pangkalan Kerinci II Berkilau, Kabupaten Pelalawan  saat kunjungannya. Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sihol Aritonang, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa Dasa Nugraha. Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Riau Syamsuar dan perwakilan pemerintah di tiga kabupaten, serta manajemen APRIL Group.

“Kolaborasi antara Kementerian Kesehatan dan APRIL Group merupakan langkah signifikan dalam mewujudkan transformasi kesehatan melalui integrase pelayanan kesehatan primer. Melalui upaya ini, kami berharap dapat memperkuat aksesibilitas fasilitas kesehatan di tingkat pelayanan kesehatan primer, khususnya Provinsi Riau,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Presiden Direktur  RAPP, Sihol Aritonang, mengatakan kemitraan ini artinya mengintensifkan kerja sama yang selama ini sudah berjalan dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi dalam mendukung layanan kesehatan yang layak bagi masyarakat serta bentuk konkret dari komitmen keberlanjutan APRIl2030 untuk mencapai Kemajuan Inklusif.

"Dengan mendukung transformasi pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam hal deteksi dini penyakit dan percepatan rujukan, terutama untuk kesehatan ibu hamil dan anak balita sehingga dapat meminimalisir stunting, yang menjadi fokus kami dalam APRIL2030," ujar Sihol Aritonang.

Dalam mendukung agenda pemerintah untuk mengurangi angka stunting dan prevalensi gizi buruk pada bayi di bawah lima tahun, APRIL telah bermitra dengan 299 posyandu di lima kabupaten dan secara regular aktif mendukung program pemberdayaan masyarakat, seperti pemberian bantuan makanan tambahan bergizi untuk balita dan ibu hamil, peningkatan kapasitas relawan Posyandu, serta penyuluhan, monitoring dan evaluasi secara menyeluruh. Perusahaan juga mendukung terciptanya lingkungan yang kondusif dan penguatan kelembagaan untuk percepatan penurunan stunting, misalnya dengan mobilisasi Tim Pendamping Keluarga (TPK).

APRIL Komitmen RER
APRIL Group merupakan produsen serat, pulp dan kertas terkemuka yang beroperasi di Provinsi Riau, Indonesia. Kami berkomitmen terhadap bisnis dan pengelolaan lanskap yang berkelanjutan di wilayah kami beroperasi. Kami menerapkan komitmen 1-untuk-1, yaitu komitmen mengelola satu hektar lahan konservasi dan restorasi dari setiap 1 hektar hutan tanaman produksi yang kami tanam. Komitmen ini telah melindungi sekitar 365.000 hektar hutan, termasuk didalamnya salah satu proyek restorasi lahan gambut terbesar di Indonesia, Restorasi Ekosistem Riau (RER). ****

Laporan : E Pangaribuan 



Berita Terkait +

Serka Alif Nurhaqqi, Sertu Susiawan dan Sertu Ardhi Syam Tak Hentinya Lakukan Patroli Drilling

Makan Siang di Rumah Ketua DPRD Pelalawan, Kapitra: Kisah Lama Terulang Kembali

Bupati Alfedri Buka Pasar Beduk Samping Masjid Al-Fatah

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Goro Bersihkan Taman di Kelurahan Bagan Besar 

Putus Penyebaran Covid-19, PD IWO Siak Bagikan Sejumlah Masker Kepada Masyarakat di Perawang

Dihadiri Bupati Siak, Ketua RT/RW Periode 2022-2024 Kelurahan Minas Jaya Resmi Dikukuhkan

2 Titik Hotspot Terpantau di GS 5 PT PHR, Polsek Minas Langsung Lakukan Pengecekan

Cegah Karhutla, Serda Sugiarto Anggota Koramil 03/Minas Ajak Masyarakat di Muara Kelantan Berpatroli

Pengecekan Pospam Ops Lilin Lancang Kuning 2023 oleh Kapolres Kampar di Wilayah Hukum Polres Kampar

Libatkan Beberapa MPA, Kopda Rahmatsyah Gelar Patroli & Sosialisasi Dampak Negatif Karhutla

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Afni Resmi Daftar Calon Bupati ke PDIP, Senin ke PKB

2

Jhonny Charles Harapkan Gernas BBI dan BBWI Bisa Tingkatkan Perekonomian Riau

3

Tunggu Pelanggan di Kedai Kopi, Bandar Togel Online Diringkus Satreskrim Polres Inhu

4

Kapolsek Beserta Personilnya Lakukan Giat Binrohtal & Jum'at Berbagi Bersama Para Tahanan di Mapolsek Minas

5

Heboh! Perpisahan Sekolah SMA Sederajat Yang Wah, Hulubalang LAMR Pekanbaru Minta Seluruh Kepsek Patuhi Aturan Disdik Riau 

6

Dr.Afni Temui Ulama Sebelum Daftar Calon Bupati Siak