MENU TUTUP

Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Berikan Edukasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Kepada PKK Desa Sungai Putih

Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:48:23 WIB Dibaca : 1943 Kali
Mahasiswa Kukerta UNRI 2022 Berikan Edukasi Pembuatan Sabun Cuci Piring Kepada PKK Desa Sungai Putih

KAMPAR, CATATANRIAU.com | Pengabdian Masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau 2022 berikan edukasi kepada masyarakat tentang pembuatan sabun cuci piring sebagai upaya penguatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Kamis - Jumat (12-13/8/2022) di Desa Sungai Putih, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar.

Pembuatan sabun cuci piring berlangsung dua hari. Kegiatan ini diikuti kelompok PKK Desa Sungai Putih. Sebelum memulai pembuatan sabun cuci piring, tim Kukerta telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. “Untuk bahan-bahan dibeli langsung dari toko kimia yang tersedia di online store ataupun offline store, sedangkan peralatan menggunakan sarana yang tersedia di sekitar rumah seperti ember, pengaduk, dan gelas ukur,” ujar Febbi, Mahasiswa Kukerta yang berasal dari jurusan Kimia, FMIPA UNRI.

“Kami selaku mahasiswa yang sedang melakukan KKN di Desa Sungai Putih berharap dapat kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat setempat dalam menambah pengetahuan. Kami juga menginginkan kegiatan ini tidak hanya menjadi program mahasiswa KKN, tetapi dapat dijadikan peluang usaha bagi para ibu, sebagai sarana menambah penghasilan," lanjutnya.

Kegiatan pembuatan sabun cuci piring dilakukan di Aula Desa Sungai Putih. Edukasi ini diawali dengan pengenalan mengenai alat dan bahan yang digunakan dilanjutkan penjelasan fungsi sekaligus prosedur kerja pembuatan. Pengenalan ini disampaikan oleh salah satu anggota kelompok, yaitu Febbi Nugra Restita, Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Riau.

Setelah mendapat penjelasan, para ibu anggota PKK Desa Sungai Putih dipersilahkan untuk mempraktekkan langsung pembuatan sabun cuci piring. Selama praktik berlangsung, anggota PKK Desa Sungai Putih selalu dipantau oleh para anggota kelompok untuk memastikan pembuatannya sesuai proses yang telah dijelaskan sehingga, dapat meminimalkan kesalahan selama proses pembuatan.

“Sabun yang dihasilkan banyak dan kualitasnya tidak kalah dengan sabun cuci piring bermerek yang dijual di pasaran, harum dan banyak busanya,” kata Ibu Kusyanti salah satu warga Desa Sungai Putih.

Pengedukasian cara membuat sabun cuci piring dari bahan kimia diharapkan juga dapat menjadi peluang usaha bagi ibu-ibu rumah tangga dan memotivasi dalam mengembangkan industri rumah tangga sehingga dapat menambah penghasilan individu maupun kelompok PKK Desa Sungai Putih.****


Penulis : Tim Kukerta Desa Sungai Putih Universitas Riau

 



Berita Terkait +

Oknum PT. PDC Diduga Lakukan Pemaksaan Terhadap Masyarakat Membuat Surat Peryataan Tidak Menuntut

Menggelar Kirab Dan Display Drumband Taruna / Taruni AAU Di Kantor Gubernur Riau

Bupati Rohul Lepas Ratusan Peserta Pawai Karnaval Di Kecamatan Bangun Purba  

Polsek Kuala Kampar Lakukan Kegiatan Antisipasi Karhutla

Cegah Terjadinya Karhutla di Kampung Maredan, Babinsa Koramil 04/Perwang Ajak Warga Giat Penanggulangan Dengan Cara Berpatroli 

Berperan Atasi Stunting, PHR Dianugerahi Penghargaan di Momen Harganas Riau 2023

Sebanyak 158 Orang Calon Paskibraka Inhil Lanjut Ketahap Seleksi

7 Kali Berturut-Turut Raih Opini WTP Dari BPK RI, Bupati Rohul: Capaian Ini Dijadikan Motivasi Bagi ASN & OPD

Telusuri Sungai Naik Pompong, Polsek Peranap Bawa Pesan Pemilu Damai di Desa Pematang

Wakili Kabupaten Siak Sebagai Puskesmas Layak Anak, Berikut Pemaparan Dr Hidayati Jasri

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pengalaman dan Berdarah Minang, PKDP Minas Deklarasi Dukung Dr.Afni di Pilkada Siak

2

Fasilitas Anjungan SLS, Sopir Angkutan Kemitraan Nyaman Saat Bongkar TBS

3

Ribuan Masyarakat Hadiri Tabligh Akbar Yang Di Gelar Oleh Wabup Rohul

4

Usung Tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar! SDN 003 Belimbing Gelar Upacara Hardiknas Tahun 2024

5

Abu Kasim Gugat PT SLS Serobot 90 Hektar Lahan Masyarakat Adat

6

Wabup Rohul Hadiri Festival Budaya Kesenian Melayu Gondang Borogong