Siap Dibangun, Pamsimas Desa Kepayang Sudah Bisa Operasi

Senin, 25 April 2022 - 10:10:36 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Desa Kepayang Kecamatan Kepenuhan hulu  Kabupaten Rokan hulu (Rohul), sudah rampung dan sudah beroperasi serta siap untuk diserahterimakan.

Bantuan pembangunan Pamsimas ini adalah bantuan Dana Alokasi Kegiatan (DAK) Pada tahun 2021 sesuai apa yang di sampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Kepayang Suhardi pada saat awak media ini berkunjung ke Kantor Desa Kepayang.

"Iya pada tahun 2021 kita masyarakat desa kepayang mendapatkan bantuan Dana DAK untuk pembangunan Pamsimas dan itu sudah kita kerjakan dan Alhamdulillah untuk saat ini sudah bisa beroperasi," katanya Senin (24/04/2022).

Beliau juga menjelaskan kalau bangunan Pamsimas ini ada dua titik lokasi di Desa Kepayang yaitu untuk masyarakat di Dusun satu dan Dusun dua.

"Untuk yang di Dusun satu sudah bisa di manfaatkan oleh masyarakat apa lagi masyarakatnya banyak yang membutuhkan sesuai yang kita pertanyakan langsung ke rumah-rumah warga, dan untuk Dusun dua kalau ada masyarakat yang tidak membutuhkan baru kita pindahkan namun sampe saat ini belum ada masyarakat yang menyatakan tidak membutuhkan," ujar Suhardi.

"Dan untuk pembayarannya satu bulan ini sebelum serah terima kita kasih gratis, kita anggap saja sebagai percobaan," ucap orang nomor satu di Desa Kepayang ini.

Sebelum ditandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) sarana, terlebih dulu dilakukan pemeriksaan terhadap hasil kegiatan, dokumen dan verifikasi terhadap draft BAST melalui pengecekan di lapangan oleh Tim Pengelola Program Pamsimas Kabupaten Rohul.

"Karena bangunannya sudah siap berkemungkinan kalau tidak ada halangannya siap lebaran kita akan adakan serah terima dengan Tim Pengelolaan Program Pamsimas tingkat Kabupaten ataupun dengan dinas yang terkait dan bahkan mereka para tim dari kabupaten sudah turun ke lokasi," tambahnya

Pada saat kita berbincang-bincang dengan lapisan masyarakat yang sudah merasakan manfaat dari pembangunan Pamsimas ini mereka mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dengan adanya program air bersih dari pemerintah karena mereka merasa terbantu untuk mendapatkan air bersih.

"Kami sebagai warga masyarakat merasa bersyukur dengan adanya pembangunan Pamsimas ini karena kami di sini tidak semuanya bisa mendapatkan air bersih, setiap keluarga kadang tidak memiliki sumur dan dengan adanya bangunan ini kami masyarakat di sini lebih mudah mendapatkan air bersih," ujar mereka.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa yang sudah bersusah payah dalam pengurusan dan pembangunannya sehingga Masyarakat saat ini bisa merasakan manfaatnya kalau bisa untuk tahun 2022 nanti kalau masih ada program ini agar Desa Kepayang bisa mendapatkan lagi," kata mereka dengan penuh keakraban.***



(Kades/E.S.Nst)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex