Kapolres Rohul Berhasil Mediasi Pengelola Lahan Kopertim, Ketua DPC AWI Berikan Apresiasi

Senin, 11 April 2022 - 13:21:45 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Terkait penunjukan Porkot Lubis sebagai pengelola kebun Koperasi Tambusai Timur (Kopertim) yang di setujui oleh tiga Kepala desa (Kades) di Tambusai Timur yaitu Kades Tingkok, Kades Tambusai timur dan Kades Lubuk Soting sesuai pemberitaan yang beredar di beberapa awak media belakanga ini.

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto SIK berusaha untuk mencoba memediasi kedua belah pihak dengan cara mendudukkan kedua belah pihak, pihak Damanhuri Lubis dan Porkot Lubis serta Kades dan Dinas yang terkait. Minggu malam (10/04/2022) sekira pukul 21-30 Wib 

Dari hasil mediasi tersebut ada enam point yang telah di ambil kesepakatan sesuai keputusan bersama, adapun ke enam kesepakatan tersebut.

1. Semua pihak yang hadir Pada rapat malam ini menyetujui pembentukan panitia yang bertugas untuk validasi anggota koperasi yang mana kepanitiaan nantinya akan di tunjuk olah tiga kades dan Damanhuri Lubis dan Porkot Lubis masing-masing pihak satu orang.

2. Paling lambat tanggal 20 juni 2022 tekah terbentuk kepanitiaan pelaksanaan RALB dan harus di laksanakan pada tanggal 30 Juni 2022.

3.Sambil berproses maka pengelolaan kebun milik koperasi tetap di kelola dua pengurus yakni Damanhuri lubis dan Porkot Lubis serta mendaftar kan no rek masing-masing.

4. Pada bulan Juli 2022 telah terbentuk kepengurusan koperasi yang baru yang sah dan terdaftar di Dinas koperasi serta tidak ada lagi gugat menggugat.

5. Surat penunjukan pengelolaan terhadap Porkot Lubis pada hari Selasa tanggal 22 Maret 2022 oleh tiga kades di batalkan.

6.semuan pihak sepakat dan komitmen dan akan sama-sama menjaga keamanan.

Dengan penuh keakraban Kapolres Rohul berharap semoga dengan adanya kesepakatan yang telah di buat bisa menjadi pedoman bagi kedua belah pihak dan juga para kades untuk saling bekerja sama agar terciptanya situasi aman dan kondusif terutama pengelolaan lahan Kopertim untuk kedepannya.

"Mudah-mudah untuk kedepannya dengan adanya duduk bersama malam ini dan sudah di buat keputusan dari hasil kesepakatan bersama, kita berharap tidak ada lagi kisruh di Kopertim sesuai komitmen dan keputusan bersama sama-sama menjaga keamanan," ucap Kapolres.

Sementara itu di tempat yang sama Ketua DPC AWI Rohul memberikan apresiasi kepada Polres Rohul yang telah berhasil memediasi antara kedua belah pihak Damanhuri dan Porkot yang sudah sama-sama di sepakati bersama.

"Konflik di Kopertim ini memang sudah berkepanjangan, dan baru inilah bisa duduk bersama baik dari kubu Damanhuri, Porkot dan Para Kepala Desa yang selama ini tidak pernah terjadi, malam ini bisa terwujud duduk bersama
tentunya ini adalah berkat dari kerja keras dari Bapak Kapolres Rohul," katanya.

Nampak hadir dalam mediasi tersebut Kapolres Rokan hulu AKBP Eko Wimpiyanto SIK, Kasat intel Polres Rohul AKP Syaiful, KBO intel Totok Nurdianto, Anggota DPRD Rohul Dapil II Budiman Lubis, Anggota DPRD Rohul Mulyadi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM,Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Rokan Hulu Zulhendri M.IP.

Hadir juga Kades Tingkok Herman Lubis, Kades Lubuk Soting Maraposo SE, Porkot Lubis SH, Damanhuri Lubis, serta Puluhan tokoh dan Perangkat desa dari tiga desa pemilik kopertim.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex