Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dipimpin Kombes Pol Saefuddin Muhammad SIK melaksanakan penelitian data dan fakta pelayanan Polres Pelalawan dan jajaran pada Rabu (06/04/2022)

Tim Puslitbang Polri Cek Data & Fakta Pelayanan Polres Pelalawan

Rabu, 06 April 2022 - 19:40:23 WIB
Share Tweet Google +

PELALAWAN, CATATANRIAU.com | Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dipimpin  Kombes Pol Saefuddin Muhammad SIK  melaksanakan penelitian data dan fakta pelayanan Polres Pelalawan dan jajaran pada Rabu (06/04/2022)

Kedatangan Tim Puslitbang agar kinerja dan pelayanan Polres Pelalawan semakin dapat ditingkatkan dan dipercaya. Tujuannya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri. Tim Puslitbang cek dan fakta seluruh kinerja. Hal ini disampaikan Kapolres Pelalawan AKBP Guntur M Tariq SIK melalui Kasubag Humasnya AKP Edi Harjanto SH disela sela kunjungan Tim Puslitbang.

Dikatakannya kedatangan Tim Puslitbang Polri ke Polres Pelalawan dipimpin oleh Kombes Pol Saefuddin Mihamad SIK dengan tiga anggota tim yaitu Pembina Dwi Irawati, SS., Penata Verawati, SE   dan Penda Tk.I Nailatalmuna N.A.M.Ec.Dev yang didampingi oleh  Kabag Strajemen Birorena Polda Riau AKBP Osva dan tim.

Tim penelitian diterima oleh Waka Polres Pelalawan Kompol Antoni Lumbangaol SH, MH didampingi para perwira Polres Pelalawan di ruangan aula Teluk Meranti Polres Pelalawan. Hadir juga para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ormas.

Dijelaskan Kasubag AKP Edi Harjanto SH, bahwa maksud dan tujuan  dari Penelitian Puslitbang Polri ke Kesatuan Kewilayahan adalah untuk memperoleh data dan fakta kemudian menganalisis data dan  fakta tersebut serta  untuk memperoleh saran dan masukan dari publik terkait dengan kinerja Polres Pelalawan.

Selanjutnya penelitian data dan fakta serta saran dan masukan menjadi sangat penting bagi Puslitbang. Puslitbang akan menganalisis  tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri  di 5 (lima)  fungsi operasional kepolisian yaitu fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Samapta.

Penelitian yang dilakukan ini  menggunakan Metode MIx Metod yakni perpaduan antara penelitian kuantitatif yaitu penelitian dengan menggunakan link survey dan penelitian kualitatif dengan melaksanakan kegiatan Fokus Group Diskusi FGD dan wawancara mendalam dengan para responden baik dari internal maupun eksternal kepolisian. 

Adapun target responden yang mengisi link survey dari masing masing fungsi minimal 30 responden sehingga target minimal untuk tiap tiap satker polres adalah 150 responden, diluar Anggota/ASN lingkungan Polri.

Khusus untuk Fungsi Reskrim respondennya adalah Responden yang pernah berurusan dengan Proses Penyidikan antara lain Saksi, Korban, Tersangka, Tahanan dan Pengacara.

Dalam kegiatan FGD dibuka oleh Waka Polres Pelalawan Kompol Antoni Lumbangaol SH, MH dan arahan  dari Ketua tim Puslitbang Kombes Pol Saefuddin Muhammad SIK menjelaskan tentang maksud dan tujuan serta teknis penelitian yang akan dilaksanakan.

FGD untuk  menguatkan fakta-fakta terkait pelaksanaan Pelayanan kepolisian kepada masayarakat dengan harapan adanya masukan dan saran yang positif untuk meningkatkan kinerja polri dalam memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat di kemudian hari. EP


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex