Disdikbud Korwilcam Minas Gandeng Pihak Erlangga Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Arkas Dana BOS 2022

Rabu, 02 Februari 2022 - 13:33:41 WIB
Share Tweet Google +
SIAK, CATATANRIAU.com | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Minas, menggandeng pihak Erlangga untuk melakukan sosialisasi workshop pembuatan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2022, ditingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (02/02/2022) di SMP N 1 Minas.
 

"Kegiatan ini dikhususkan bagi Kepala dan Bendahara masing-masing sekolah ditingkat SD maupun SMP yang ada di Kecamatan Minas ini," ujar Asmuni Samsir MPd Selaku Kepala Kordinator Wilayah Kecamatan Minas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak.

 

Dijelaskannya, giat ini dilaksanakan mengingat tahun ini Dana BOS sudah masuk dalam anggaran tahun 2022, oleh sebab itu pihaknya sengaja mengumpulkan seluruh Kepsek dan Bendahara Sekolah untuk dapat menggunakan Aplikasi Arkas tersebut dengan baik sebelum dana BOS tahap 1 tahun 2022 disalurkan.

"Jadi nanti pada penggunaan dana BOS, masing-masing sekolah sudah dapat melaksanakannya sesuai juknis, sehingga penggunaan dana BOS ini tidak disalahgunakan," katanya.
 

Jadi kedepan kata Asmuni, dengan adanya aplikasi Arkas ini, penggunaan dana BOS akan dapat dipantau secara maksimal dan sesuai dengan program masing-masing sekolah, bukan berdasarkan keinginan kepala sekolah.

 

"Sebab program sekolah dan keinginan kepala sekolah itu jauh berbeda, jadi kita harapkan dengan adanya penggunaan aplikasi Arkas, dana BOS ini nantinya tersalur sesuai rencana sekolah. Nanti setiap belanja sekolah akan dilaporkan melalui aplikasi, oleh karena itu nantinya dana BOS tidak bisa digunakan sembarangan sebab semua rincian penggunaan dana BOS akan diinput didalam aplikasi Arkas ini, dan laporan otomatis langsung masuk ke-pusat," katanya.

 

Sementara itu, Ferdi perwakilan Tim marketing Erlangga ketika diwawancarai oleh wartawan media ini ia mengatakan, "kegiatan sosialisasi Aplikasi Arkas seperti ini kami lakukan diseluruh wilayah yang ada di Provinsi Riau. Jadi disini kami membantu para kepala sekolah maupun bendaharanya dalam menggunakan aplikasi Arkas ini," katanya.

 

Adapun Khalida Yunas selaku Kepala SMP Negeri 1 Minas kepada Wartawan media ini dia memaparkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan di sekolah mereka.

 

"Kami sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, sebab sosialisasi Arkas ini sangat dibutuhkan oleh kami para kepala sekolah untuk saat ini, dalam menyusun Arkas, jadi dengan adanya sosialisasi ini kami dapat lebih mengerti. Dan mudah-mudahan kami sudah bisa melaksanakannya, sebab sekarang ini belanja BOS harus melalui Aplikasi Arkas ini, jadi saya pribadi selaku kepsek sangat merasa terbantu dengan adanya sosialisasi ini," pungkasnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex