Plh Bupati Rohul Restocking Benih Ikan Nilem Di Bendungan Desa Menaming

Selasa, 08 Juni 2021 - 00:02:41 WIB
Share Tweet Google +


ROHUL, CATATANRIAU.COM | Dalam program Bulan Mutu Karantina 2021 dengan tema "Restocking Benih Ikan Nilem" Plh Bupati Rokan Hulu H.Abdul Haris, S.Sos, M.Si bersama Kepala Stasiun KIPM Pekanbaru Ade Syamsuddin melaksanakan tebar benih ikan atau biasa dikenal dengan sebutan restocking di Bendungan Desa Menaming Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Senin (7/6/2021).

 

Kegiatan restocking ini dihadiri oleh Plh Bupati Rokan Hulu H.Abdul Haris, S.Sos, M.Si, Kepala Stasiun KIPM Pekanbaru Ade Syamsuddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Barikun, SP, Kadis Pariwisata Syofwan, Camat Rambah Ari Gunadi,S.Stp.dan Pj Kades Menaming.

 

Adapun total jumlah ikan yang ditebar sebanyak 150 ribu ekor dengan jenis ikan nilem ukuran 2- 3 CM yang mana Karantina Ikan Dan Pengendalian Mutu (KIPM) Pekanbaru bekerjasama dengan BPAT Jambi serta berkolaborasi bersama Pemda Rohul melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Rohul.

 

Kepala KIPM Pekanbaru Ade Syamsuddin menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan tahunan yang mana kegiatan saat ini sudah merupakan kegiatan yang ke enam.

 

"Semoga kegiatan restocking ini dapat membantu melestarikan alam sekitar perairan sungai dan membantu perekonomian masyarakat setempat" ungkapnya.

 

Sementara itu Plh Bupati Rokan Hulu H.Abdul Haris mengungkapkan rasa terima kasih atas adanya kegiatan Restocking yang dilaksanakan baik dari Dinas Perikanan Provinsi Riau maupun dari KIPM.

 

Dengan adanya kegiatan ini sangat berguna bagi masyarakat bisa menambah stok ikan di bendungan Menaming dan desa yang mendapatkan bantuan ini.

 

Plh Bupati menghimbau kepada masyarakat kiranya ikan tersebut dapat dipelihara sehingga nanti bisa memberikan laporan kepada KIPM dan Dinas Perikanan Provinsi yang menunjukkan keberhasilan dalam memelihara ikan tersebut bahkan sampai besar dan layak untuk dipanen, sehingga tujuan dalam rangka pembenihan bibit ikan ini bisa memenuhi kebutuhan ikan di masyarakat.

 

"Ini merupakan tugas bersama seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan nya, sehingga keberadaan ikan di Bendungan Desa Menaming ini bisa dimanfaatkan hasilnya dan bahkan sebelum itu juga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata dimana masyarakat nanti berkunjung melihat disini ikan banyak bahkan diberi makan ikan nya muncul sehingga menarik daya minat masyarakat lain untuk berkunjung" ujar Haris.

 

Ditempat yang sama Kadis DKPP Rohul Barikun, SP mengatakan untu Restocking yang dilakukan dari Stasiun KIPM Pekanbaru ini di Rohul ada tiga titik yaitu Desa Menaming, Rokan IV Koto dan Bendungan Sipogas, yang akan dilakukan secara serentak pada hari ini.

 

Selain dari kegiatan ini, DKPP Rohul juga telah memberikan bantuan Benih ikan kepada 50 Kelompok di tahun 2021 ini dengan jumlah keseluruhan sekitar 250 ribu benih ikan yang telah didistribusikan, tutup Barikun.***


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex