Tahun Ini, Pengembangan Pariwisata Embung Menjadi Fokus Pembangunan di Desa Bumi Mulya

Jumat, 21 Mei 2021 - 20:00:23 WIB
Share Tweet Google +


KUANSING, CATATANRIAU.COM | Pembangunan di Desa Bumi Mulya dibawah kepemimpinan Kepala Desa H. Sunyeto, SPd.I, terus menggeliat. Hal ini terlihat dari berbagai pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan yang telah ia laksanakan dalam beberapa tahun terakhir.

 

Dikonfirmasi dikediamannya, hari ini Jumat (21/5/2021), Sunyeto membeberkan beragam pembangunan telah direalisasikan pihaknya, pembangunan bersumber dari dana desa itu dilaksanakan semata-mata untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa Bumi Mulya.

 

"Ya, semenjak dana desa dikucurkan pemerintah pusat kita terus melakukan pembangunan. Seperti pengerasan jalan permukiman, drainase, embung desa dan lain sebagainya. Semua ini kita bangun tentu untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa," ujar Sunyeto.

 

Dijelaskan Sunyeto, adapun kegiatan pembangunan yang telah dan akan direalisasikan tahun 2021 ini yaitu, penyaluran BLT Dana Desa dan pemberdayaan peningkatan ekonomi desa melalui pengembangan pariwisata dengan pemanfaatan embung yang  sebelumnya sudah selesai dibangun oleh pemerintah desa.

 

"Kalau tahun ini kita fokus pada penyaluran BLT-DD, karena ini implementasi dari program pemerintah pusat. BLT ini kita salurkan kepada 53 keluarga yang terdampak pandemi covid-19. Selain itu, tahun ini kita juga fokus pada peningkatan perekonomian dibidang pariwisata desa, melalui pengembangan wisata embung," jelasnya.

 

Dikatakan Sunyeto, embung milik desa dengan ukuran  275 M X 50 M, itu nanti akan dikembangkan untuk dijadikan sebuah objek wisata unggulan bagi masyarakat setempat dan masyarakat umum lainnya. Embung itu nantinya akan dipercantik dan dilengkapi sarana  prasarana untuk penunjang objek wisata tersebut.

 

"Selain dari penyaluran BLT DD tahun ini memang kami Pemeritah Desa Bumi Mulya juga akan melakukan pengembangan objek wisata embung. Nanti embung itu akan kita percantik, dipasang pagar, tenda atau payung payung tempat santai pengunjung. Dilokasi embung itu nanti kita juga menyediakan tempat bagi pedagang yang ingin berjualan," jelasnya lagi.

 

Ditambahkan pria yang akrab disapa Mbah Nyeto ini, pembangunan objek pariwisata ini sudah menjadi cita citanya sejak lama karna menurut dia pariwisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat luas. Contohnya, Ketika objek wisata itu ramai dikunjungi masyarakat tentu otomatis pedagang bakal kecipratan rejeki.

 

"Embung ini memang sebelumnya menjadi program prioritas kita. Karena ini telah menjadi kebutuhan masyarakat untuk berwisata, melepas penat setelah beraktivitas. Kita kan butuh hiburan untuk melepas penat, nah embung ini solusinya nanti mereka bisa bersantai bersama keluarga menikmati fasilitas yang disediakan. 

 

Seperti fasilitas memancing ikan dan main bebek-bebekan nanti itu akan menjadi daya tarik masyarakat untuk datang berkunjung ke embung ini. Jadi, tujuan dari pengembangan embung Desa ini dilakukan agar menarik masyarakat desa ataupun masyarakat desa lainnya untuk datang ke embung tersebut," pungkas Mbah Nyeto yang dikenal ramah dan murah senyum ini mengakhiri.

 

Sementara itu, salah seorang warga Desa Bumi Mulya ketika dimintai tanggapan terkait kinerja Sunyeto dalam membangun Desa, kepada wartawan dikatakannya, bahwa dimasa pemerintahan Sunyeto sudah banyak pembangunan untuk kepentingan masyarakat direalisasikan. Dirinya juga mengatakan meskipun usia Mbah Nyeto tidak muda lagi, tapi semangat Untuk membangun desa tak perlu diragukan lagi.

 

"Alhamdulillah dengan kepemimpinan mbah Nyeto sudah banyak pembangunan insfrastruktur dan pemberdayaan direalisasikan. Seperti contoh pengerasan jalan lingkungan,drainase,bantuan langsung tunai dan objek wisata embung itu semua sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebagai masyarakat saya berharap kedepan pembangunan terus ditingkatkan sehingga kesejahteraan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat,"ungkapnya singkat.(*)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex