Tindakan oknum dari kelompok SPTI di Desa Batu Papan, sungguh sangat berani melakukan tindakan pemukulan kepada  Kapolsek Batang Cenaku Iptu Januar E Sitompul SH.

Gawat! Aksi Premanisme Oknum SPTI Batu Papan, Kapolsek Batang Cenaku & 5 Anggota NIBA Jadi Korban

Jumat, 21 Mei 2021 - 10:10:11 WIB
Share Tweet Google +


INHU, CATATANRIAU.COM |  Tindakan oknum dari kelompok SPTI di Desa Batu Papan, Kecamatan Batang Cenaku Kabuapaten Indragiri Hulu ( Inhu) sungguh sangat berani melakukan tindakan pemukulan kepada  Kapolsek Batang Cenaku Iptu Januar E Sitompul SH. 

 

Kapolsek Januar E Sitompul yang saat melakukan pengamanan  turut jadi korban dan dipukul oleh oknum anggota SPTI di lokasi pabrik PT Karisma Agro Sejahtera (PT KAS) saat melakukan pengamanan. 

 

Sangat disayangkan tindakan tersebut dilakukan oknum dari SPTI kepada Kapolsek Januar E Sitompul yang jelas berseragam lengkap kepolisian, Rabu (19/5/2021). 

 

Kapolsek Batang Cenaku Iptu Januar E Sitompul SH yang melakukan pengamanan dilokasi pabrik PT KAS, ketika dikonfirmasi media melalui telepon selulernya mengaku jadi korban atas pengeroyokan dan penganiayaan oleh ratusan anggota SPTI kepada pengurus SP-NIBA di Desa Batu Papan lokasi pabrik PT KAS. "Beberapa kali kepala saya juga kena pukul oleh anggota SPTI," kata Kapolsek. 

 

Kapolsek Iptu Januar mengatakan dirinya dilapangan dibantu 6 orang personil karena jumlah anggota SPTI banyak maka kembali datang 4 orang personil tambahan untuk membantu pengamanan namun tetap tidak terkendali aksi peremanisme dilapangan. 

 

"Tadi anggota juga marahi ketua serikat buruh SPTI yang anak buahnya mengatakan "bunuh" dan hampir juga polisi benturan dengan serikat buruh tersebut," jelasnya. 

 

Saat peristiwa tersebut sedang terjadi, pengurus dan anggota SP-NIBA tidak  ada melakukan perlawanan sama sekali.Justru  jadi bulan bulanan oleh oknum yang mengaku dari serikat buruh SPTI. 

 

Dari informasi yang diterima, akibat ulah oknum SPTI Desa Batu Papan, mengakibatkan 5 orang korban dari SP-NIBA mengalami sakit serius. 

 

Satu korban dirawat inap dan dua orang dirawat jalan di rumah sakit dan korban sudah melaporkan apa yang dialaminya tersebut ke Polres Inhu untuk mendapatkan keadilan. 

 

"Kami mengutuk aksi peremanisme di Inhu. Pelaku pengeroyokan dan provokator oknum SPTI Desa Batu Papan yang melakukan aksi pemukulan, disertai pengeroyokan bisa ditangkap segera. Kami minta kepada Pak Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Efendi yang sangat kami hormati bisa menegakkan keadilan. Dengan menangkap pelaku pemukulan dan pengeroyokan tersebut," kata ketua PC SP-NIBA Inhu, Suherwin kepada wartawan Rabu (19/5/2021) malam di Rengat. 

 

Dalam aksi pemukulan dan pengeroyokan tersebut sungguh keterlaluan. Pasalnya, kata dia, Kapolsek Batang Cenaku Iptu Januar E Sitompul SH yang melakukan pengamanan menurut Informasi diterimanya tak luput dari pukulan oknum SPTI Batu Papan, tepat di kepalanya. 

 

"Harapan saya juga pada Pak Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang sangat saya hormati dan kami cintai, bisa segera menangkap pelaku pemukulan yang dilakukan oknum SPTI Batu Papan. Sangat mencoreng dan dinilai melanggar hukum. Kapolsek Batang Cenaku yang kami hormati juga terkena pukulan saat pengamanan. Sedih juga melihag mitra kami SP NIBA pak Kapolsek Batang Cenaku kena pukulan oknum SPT Batu Papan,"paparnya 

 

Dikatakan Suherwin, aksi peremanisme yang dilakukan oleh oknj. anggota SPTI Batu Papan sudah merusak citra pekerja buruh di Indonesia. Pemerintah harus memberikan sanksi tegas terhadap organisasi buruh yang melakukan upaya peremanisme dan menghalang-halangi kebebasan berserikat untuk bekerja sesuai Perjanjian Kerja Bersama (PKB) manajemen pabrik PT KAS dengan SP-NIBA Batu Papan. 

 

"SP-NIBA tidak punya masalah dengan SPTI di Desa Batu Papan, hubungan kerja buruh SP-NIBA hanya dengan pihak pabrik PT KAS bukan dengan SPTI," tegas Suherwin.(rilis)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex