Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Gelar Coffee Morning Dengan Puluhan Wartawan Rohul

Sabtu, 27 Februari 2021 - 20:46:26 WIB
Share Tweet Google +


ROHUL, CATATANRIAU.COM | Demi untuk meningkatkan tali silaturahmi antara jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pasir Pengaraian dengan para rekan wartawan yang ada di Rokan Hulu (Rohul) Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Rohul menggelar Coffee Morning bersama puluhan rekan media wartawan yang ada  Rohul, kegiatan ini mengambil tema "Bersinergi Dalam Upaya Mendukung Program Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2021".

 

Acara kegiatan Coffee Morning ini digelar tepatnya di kantin Lapas Pasir Pengaraian yang berada di jalan pengayoman Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rohul. Sabtu (27/02/2021).

 

Pada kesempatan itu Kalapas Eri Erawan, Amd IP, S Sos, M Si, yang baru menjabat sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) di Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian Rohul menyampaikan berapa banyak warga binaan yang saat ini berada dalam lingkungan Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian sudah melampaui kapasitas.

 

"Untuk saat ini ada sebanyak 853 orang Warga Binaan Pemasyarakatan sedangkan kapasitasnya hanya  175 orang, kondisinya sudah over kapasitas, untuk warga binaan dari residivis ada sekitar 200 orang." Kata Kalapas.

 

Jadi untuk itu kita memiliki rencana untuk mengadakan  kegiatan pembinaan Lapas IIB Pasir Pangaraian berupa Peternakan Ayam Kampung, Taman Kecil, Bengkel Las, Pembuatan Tanjak, Budidaya Magot dan Keris Kayu Pasak Bumi sementara untuk kemandirian kita lakukan dengan pembinaan pertanian dan perikanan.

 

Kalapas juga memaparkan didepan puluhan wartawan yang ada di Rohul, tentang program-program yang akan dijalankan bersama untuk kedepannya, Kalapas juga berharap untuk kedepannya bisa saling bersinergi antara Jajaran Lapas dengan Para Wartawan.

 

"Untuk Kedepannya kita juga ada program strategis yang siap untuk bekerja sama dengan rekan-rekan wartawan baik melalui koperasi atau organisasi untuk mengembangkan hasil binaan dari Lapas, maupun sebagai marketnya," Paparnya.

 

Disampaikannya, pihaknyapun siap bersinergi dengan komponen yang ada, sehingga hal itu bisa menunjang pembangunan Kabupaten Rohul, dengan memanfaatkan potensi yang ada untuk kebaikan bersama.

 

"Intinya selain untuk melakukan pembinaan terhadap WBP, tapi juga bersinergi dengan semua pihak dengan pemanfaatan seluruh potensi yang ada," tuturnya.

 

Pada kesempatan itu juga Ketua DPC-AWI Rohul Sukrial Halomoan Nasution, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kalapas kelas IIB Pasir Pengaraian terutama Kalapas kelas IIB Pasir Pengaraian yang sudah membuka diri untuk melakukan kerja sama dengan para rekan-rekan wartawan yang ada di Rohul.

 

"Apa yang telah disampaikan oleh Kalapas, tentunya kita sebagai wartawan menyambut baik, karena ini sebagai awal bagi kita untuk bermitra atau kerja sama dengan Lapas kelas IIB Pasir Pengaraian." Ujar Ketua DPC-AWI Rohul.

 

Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Lapas yang telah membuka diri untuk saling bersinergi antara wartawan dan pihak lapas." Ucap Lomo.

 

Ketua DPC-AWI Rohul Sukrial Halomoan Nasution juga berharap untuk kedepannya terjalin suatu hubungan yang lebih baik lagi.

 

"Dengan adanya program dari Kalapas ini bisa membuat hubungan kita sebagai wartawan dengan jajaran Lapas bahkan warga binaan yang ada didalam Lapas bisa menjadi semakin bertambah baik." Harapnya.

 

Wakil Ketua PWI Rohul Yusrizal Yahya menyampaikan " Kedepan kita berharap dengan momen ini bisa terbangun sinergitas yang baik antara wartawan dengan pihak  Lapas IIB Pasir Pangaraian," Ujarnya.

 

Ketua Koperasi Wartawan Pena tinta Emas Syafri Is atau yang lebih dikenal dengan panggilan Evi Mumbai Menyambut baik dari beberapa Program yang disampaikan oleh Kalapas dan sangat mendukung program tersebut.

 

Pada kesempatan itu juga, Konsultan Teknologi Informasi Nurhidayat Asmoro,  menerangkan pihak LP Kelas IIB Pasir Pangaraian akan menerapkan sistem alarm dengan sistem Sensor infra merah.

 

"Untuk  pilot projectnya akan diterapkan di Lapas Pasir Pangaraian,  sebab sistem alarm bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan pengamanan bisa membantu kinerja dari pegawai." Ujarnya.

 

Hadir dalam Kegiatan itu, Kalapas Kelas IIB  Pasir Pengaraian, Eri Erawan, Amd IP, S Sos, M Si, di dimpingi  KPLP Pasir Pangaraian, Parlin H Simanjutak, SH, MSi, beserta Staf, kemudian puluhan Wartawan dari berbagai organisasi seperti, PWI, DPC AWI, PD IWO Rohul, DPD JOIN, Foswar, PWRI, FPII, IMO dan organisasi lainnya.(*)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex