Seminar Bela Negara Yang Ditajak Oleh KNPI Kab. Siak Sempena Hari Pahlawan Nasional.

Kamis, 16 November 2017 - 16:01:43 WIB
Share Tweet Google +

Seminar yang dihadiri oleh ratusan orang di gedung Mahratu Kamis, (16/11/2017) yang ditajak oleh KNPI Kab. Siak sempena hari pahlwan nasional. Seminar Bela Negara ini memiliki Tema " Peran Pemuda Dalam Menjaga NKRI Menuju Indonesia Tangguh di Era Globalisasi".

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pemuda Kab. Siak mengenai bagaimana peranan dalam menjaga NKRI imbuh Ketua KNPI Kab.siak (Ulil Amri, SH) dalam sambutannya.

Kegiatan seminar Bela Negara ini menghadirkan pemateri dari pihak kepolisian yaitu Wakapolres siak kompol Yudhi Palmi Dj SIK sedangkan dari pihak TNI disampaikan oleh DANRAMIL 03/Siak Mayor/Kav. Suharman S.Pd.

Dalam paparan materi yang disampaikan Pihak TNI (Mayor/Kav. Suharman) beliau menyampaikan beberapa materi mengenai Bela Negara. Dimana tuturnya landasan utama bela negara meliputi 4 Pilar Kebangsaan yang merupakan harga mati yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang – undang Dasar 1945 dan NKRI). Di negara kita masih banyak yang belum hafal Pancasila, jadi bagaimana kita mau menjaga pancasila, kalau pancasila itu sendiri kita belum pahami, oleh sebab hal tersebut mari untuk lebih memahami pancasila tambahnya.

Sedangakan pemaparan materi dari Pihak Kepolisian (Kompol Yudhi Palmi Dj Sik) menyampaikan bahwasannya wawasan kebangsaan adalah cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan bangsa dan ketahanan bangsa. Sedangkan dalam mempertahankan ketahanan bangsa harus meliputi beberapa unsur yang harus dimiliki diantaranya Akhlak dan moral, IPTEK, Wasbang, Profosionalisme, ideologi Bela Negara, Pembauran, dan Kewaspadaan, imbuhnya kembali.

Hadir juga dalam kegiatan ini sekda Kab. Siak (T. S. Hamzah), wakapolres Siak Kompol Yudhi Palmi Dj SIK, DANRAMIL 03/Siak (Mayor/Kav. Suharman), ketua KNPI Kab. Siak (Ulil Amri, SH), Dinas PU,pemuda pancasila,IPK, karang taruna, Ketua FPI Kab.siak, Komunitas Sudut Siak undangan lainnya dan puluhan mahasiswa serta ratusan pelajar SLTA Lainnya.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex