Polres Bengkalis Sulap 12 Hektare Lahan di Duri jadi Lumbung Pangan Nusantara

Rabu, 26 Agustus 2020 - 19:01:12 WIB
Share Tweet Google +


BENGKALIS, CATATANRIAU.COM | Kapolres Bengkalis beserat jajaran Polres Bengkalis, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) serta Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Mandau juga beberapa Lurah didalamnya buka peresmian Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Pematang Pudu, Rabu (26/8/2020) pagi.

 

Kegiatan itu ditaja dalam program gerakan jaga kampung yang merupakan salah satu program dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau dan jajaran di bawahnya dalam rangka menjaga ketahanan pangan di tengah merebaknya wabah pandemi COVID-19.

 

Sekitar 12 hektar lahan kosong di daerah Kecamatan Mandau, tepatnya di Kelurahan Pematang Pudu, disulap menjadi areal Produktif.

 

"Lahan ini diubah jadi lahan pertanian, peternakan dan perikanan, serta berbagai potensi lainnya yang menghasilkan pundi-pundi pangan nusantara," kata Kapolres Bengkalis, AKBP. Hendra Gunawan, SIK., MT dalam kata pembuka di hadapan para tamu undangan.

 

Dalam acara itu, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bengkalis, Heri Indra, Kadisdagprin Indra Gunawan, Kadiskes Dr. Ersan Saputra TH, Kadinsos Hj. Martini, Kapolsek Mandau Kompol. Arvin Hariyadi, SIK, Danramil 04/Mandau Kapt. Arh. H. Sitorus, Sekcam Mandau Muhammad Rusydy, Lurah Gajah Sakti Baharudin. S. Sos, dan tuan rumah Lurah Pematang Pudu Tasril Akmal, S.Pi juga seluruh jajaran Lurah yang ada di Mandau, perwakilan pimpinan PT CPI, serta seluruh pejabat turut hadir.

 

Dikesempatan tersebut Kapolres Bengkalis, serta Jajaran, dan juga Kadiskes, juga Pimpinan PT. CPI terlihat memberikan sejumlah santunan kepada warga setempat.

 

Di lokasi itu pun, berbagai jenis tanaman tampak dibariskan yang beberapa saat lagi bakal ditanam di lahan telah disediakan.

 

"Usai acara ini, semua bibit tanaman yang ada saat ini bakal kita tanam. Total ada 12 hektar lahan siap olah yang disediakan untuk dijadikan kampung tangguh nusantara," Ungkap Kapolres.

 

Selain bibit tanaman, berbagai bantuan berupa sembako pun disediakan dan menyusul bakal disalurkan bagi warga yang telah didata sebagai penerima.

 

Rencananya, seluruh bibit tanaman bakal segera ditanam secara simbolis oleh seluruh pejabat dan staf pemerintahan yang hadir.

 

Di lain lokasi, Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Agus, bersama Kapolda Riau, Irjen Pol. Agun Setya Imam Efendi, Gubernur Riau Syamsuar, Plh Bupati Bengkalis, dan beberapa Pejabat lainnya turut hadir dalam menyemarakkan Kampung Tangguh tajaan Polda Riau di wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

 

Pelaksanaan giat di wilayah itu pun turut terpampang jelas dalam layar virtual yang ditampilkan di lokasi acara yang digelar jajaran Polres Bengkalis.

 

"Semoga kampung tangguh ini mampu mendongkrak ketersediaan pangan di wilayah kita. Seperti motto kita, cukup pangannya, sehat masyarakatnya dan aman kampungnya," pungkasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex