Kapolda Riau Melakukan Kegiatan Launching Program Kampung Tangguh Nusantara Gerakan (Jaga Kampung) Di Kabupaten Rokan Hulu.

Kapolda Riau Launching Kampung Tangguh Nusantara di Rokan Hulu

Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:33:33 WIB
Share Tweet Google +


ROKANHULU, CATATANRIAU.COM | Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau IRJEN POL Agung Setya Imam Effendi,SH.SIK.M.Si,yang bekerja sama Ketua LAMR Provinsi Riau Datuk Seri Al Azhar melakukan kegiatan Launching Program Kampung Tangguh Nusantara"Jaga Kampung Polda Riau" Selasa 11/08/ 2020 Pukul 08.40 Wib.


Kegiatan ini di laksanakan di daerah kabupaten Rokan Hulu tepatnya di Dusun Kasang Salak Desa Bonai Kec. Bonai Darussalam Kab. Rokan Hulu.

 

Dari pantauan di lapangan nampak hadir
Kapolda Riau IRJEN POL Agung Setya Imam Effendi,SH.SiK.M.Si. Danrem 031 Wira Bima BRIGJEN TNI M.Syech Ismed,SE,M.Han. Ketua LAMR Prov.Riau Datuk Seri AL Azhar. Dir-Binmas Polda Riau KOMBES POL Kris Pramono. Bupati Rokan Hulu H.Sukiman. Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting.SIK.
Dandim 0131 / KPR LETKOL INF. Leo Sinaga. Ketua DPRD Kab. Rokan Hulu Novliwanda  Ade Putra,ST. Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto.SH,MH. Kajari Rokan Hulu Ivan Damanik,SH.MH. Kakan Kemenag Kab. Rokan Hulu Drs. H.Syahrudin.M.Sy. Kalapas II B Pasir Pengaraian M.Lukman.A.Md.IP.SH.M.Si. 

 

Hadir juga Ketua LAMR Kab.Rokan Hulu Datuk H.Zulyadani. Sekda Kab.Rohul Abdul Haris Lubid,S.Sos.M.Si. Para Kepala Dinas dan Badan dilingkungan Pemkab Rokan Hulu. PJU Polres Rohul dan Kapolsek jajaran. Para Datuk dan Ninik Mamak Kec. Bonai Darussalam. Manager PT. HPSL Jurong Santoso.
Humas PT. BD Bentala Iskandar Harahap. Humas PT. BD Bintara Tengku Ardi serta warga Masyarakat Desa Bonai  250 Orang.

 

Kedatangan Pak Kapolda bersama rombongannya di sambut langsung oleh Bupati Rokan Hulu H.Sukiman yang di dampingi Kapolres Rohul AKBP.Dasmin Ginting.SIK sambil menuju tempat acara Launching Jaga Kampung bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa
Serta Pak Kapolda yang di sambut dengan acara pencak silat, acara ini tetap mengikuti aturan protokol kesehatan dengan cara pemeriksaan suhu badan dengan menggunakan Thermo gun dan cuci tangan.

 

Acara ini di awali dengan kata sambutan dari Bapak Bupati Rokan Hulu H.Sukiman dalam sambutannya H.Sukiman menyampaikan.

 

"Selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Kapolda Riau bersama rombongannya yang telah menyempatkan diri hadir di Desa Bonai Kec.Bonai  Darussalam, Kab.Rokan Hulu, kami dalam hal ini Pemkab Rohul mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan dalam kunjungan Bapak Kapolda beserta rombongan kami berharap kunjungan kerja Bapak Kapolda hari ini dapat memperkuat silaturahmi,solidaritas dan menambah semangat bagi kami yang ada di Rohul"Kata Sukiman.

 

Pada kesempatan yang sama Ketua LAMR
Provinsi Riau Datuk Seri H.AL Azhar menyampaikan dalam pidatonya bahwa masyarakat Bonai merupakan satu dari tujuh masyarakat hukum adat yang ada  di Prov.Riau walaupun Masyarakat di Bonai selama ini termasuk masyarakat yang tertinggal di Prov.Riau.

 

Tambahnya lagi tiga tahun lalu saya datang ke Bonai atas undangan Datuk Majoganti untuk ikut menyelesaikan Permasalahan yang sangat urgen di Kec.Bonai Darussalam yaitu terputusnya Jalan yang menghubungkan Desa Sontang dan desa Bonai yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah

 

Gerakan jaga Kampung yang diluncurkan oleh Bapak Kapolda Riau adalah  gerakan jaga kampung di Desa Adat yang pertama di Prov Riau jadi Kita berharap kegiatan yang penuh perhatian kepada pemerintah agar disambut dengan meriah dan kita yakin masyarakat Bonai mau berubah, karena semangat masyarakat untuk berubah seperti desa Melayu yang lain sangat tinggi."Kata Ketua LAMR

 

Sebelum menutup pidatonya ketua LAMR mengatakan kalau Kapolda dan Danrem sudah menjadi sahabat bagi kita jadi untuk saat ini kita berbicara bukan secara dinas atau pangkat lagi tapi kita berbicara sebagai saudara dan atas nama masyarakat kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolda Riau dan Danrem serta Bupati atas kehadirannya di Desa Bonai Darussalam ini."Ucap LKMR

 

Danrem 031 Wira Bima BRIGJEN TNI. M. Syech Ismed. SE.M.Han,Mengucapkan Terima kasih kepada Bupati Rokan Hulu H.Sukiman yang telah menerima dan menyambut kedatangan kami beserta rombongan dengan sangat baik.

 

"Saya atas nama Danrem 031 WB merasa terhormat disambut oleh masyarakat Bonai Besar harapan kami kegiatan yang akan dikerjakan hari ini, bisa diikuti di Tempat lain, sehingga apabila kita pelihara dan jaga terus kegiatan ini, maka akan bermanfaat untuk masyarakat Bonai dan saya selaku Danrem sangat mensuport kegiatan pada pagi hari ini"Kata Danrem.

 

Kapolda Riau Bapak IRJEN POL.Agung Setya Imam Effendi.SH.SIK.M.SI mengungkapkan supaya kita banyak bersyukur kehadirat Allah SWT yang masih memberikan kesehatan kepada kita apa lagi dimasa pendemi Covid-19 jadi untuk itu di masa pandemi ini kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan seperti jaga jarak, pake masker dan cuci tangan."Kata Kapolda.

 

Dalam kegiatan Jaga Kampung ini terjadi dimasa kepemimpinan Kapolres Rohul AKBP.Dasmin Ginting.SIK dan kalau tidak ada halangannya hari Rabu Pak Kapolres akan mutasi mejadi Wadir Res-Narkoba Polda Kepri, kami atas nama Polda Riau ucapkan selamat kepada Pak AKBP.Dasmin Ginting.SIK atas penempatan tugas yang baru."Ucap Kapolda.

 

Kegiatan jaga Kampung ini sengaja dilaksanakan pada hari selasa karena kata ulama hari selasa merupakan hari yang baik dimana turunnya hikmah dan ilmu untuk kita,kita juga ingin mewujudkan jaga kampung ada di daerah terpencil yang ada di wilayah Riau dan Kami berdiskusi dengan Pak Danrem untuk merumuskan jaga kampung ini agar bisa bermamfaat bagi masyarakat dan secara kontinyu.

 

Kapolda Riau juga menyampaikan Program Jaga Kampung ini bertujuan untuk membangun kampung-kampung agar cukup pangan apa lagi di masa pandemi ini,kita juga harus menjaga kampung kita dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) serta lahan tidur untuk ketahanan pangan dan menjaga masyarakat tetap sehat. Kami juga berharap supaya masyarakat jangan ada yang tertular covid-19 serta berharap juga dukungan Tokoh Adat dan Tokoh Agama."Harap Kapolda. 

 

Polda Riau dan jajaran telah melaksanakan Program Jaga Kampung seluas 243,5 Ha.
Kita telah membuat siklus program jaga kampung dari mulai penanaman hingga pemasaran, kita bermitra dengan  perusahaan di Sumatera Utara untuk pemasaran jagung pakan dengan harga pasar.

 

Kita harapkan lahan ini menjadi lahan yang subur dengan Pendampingan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta dari Pihak Perusahaan BDB sampai dengan Panen selama 2 atau 3 kali panen, sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara mengolah lahan dan mandiri serta bisa mensyukuri sesuatu yang akan kita peroleh. 

 

Kita mengharapkan ada lahan yang lebih luas lagi yang bisa di jadikan program jaga kampung di Provinsi Riau, sehingga hasil jaga kampung bisa merata dan bisa dinikmati oleh masyarakat. 
"Dengan mengucap bismillah,Saya resmikan program Jaga Kampung dan semoga bibit ini tumbuh dan menghasilkan yang maksimal"Ucap Kapolda.

 

Di penghujung acara Kapolda menyerahkan paket sembako kepada perwakilan Warga Desa Bonai serta
pemberian bibit Jagung,Nenas dan Melon kepada masyarakat Desa Bonai dan dilaksanakannya penanaman tanaman Palawija dan Nenas serta di iringi foto bersama.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex