Kampung Tangguh Jaga Ketahanan Pangan, Polsek Minas Rutin Pantau Tanaman Sayur & Jagung

Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:30:18 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos melalui Brigadir Yoga Suparno Bhabinkamtibmas Kampung Mandiangin setiap petang hari ia rutin melakukan pengecekan dan perawatan terhadap tanaman holtikultura yang merupakan kegiatan program jaga Kampung, Kampung Tangguh Polsek Minas yang berlokasi di Jalan Sarindo Dusun Makkaib, Kampung Mandiangin, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

Program Kampung Tangguh yang digagas oleh Kapolri, Polsek Minas melakukannya dengan sistem tumpang sari jagung manis dengan sayur bayam dan kangkung, setiap harinya tampak Brigadir Yoga, ia terlihat melakukan perawatan seperti memupuk dan menyirami tanaman holtikultura tersebut.

 

"Setiap harinya kita lakukan pengecekan lahan tanaman sayuran dan jagung ini, Alhamdulillah saat ini perkembangan jagung manis telah setinggi 14 cm, dan perkembangan sayur kangkung setinggi 12 cm, kemudian perkembangan sayur bayam. Setinggi 5 cm," terang Brigadir Yoga kepada Wartawan media ini, Rabu (05/08/2020).

 

Dalam hal ini kata Brigadir Yoga, ia juga sekaligus melakukan pengecekan untuk antisipasi hama ulat dan hama pengganggu lainnya yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman tersebut.

Brigadir Yoga juga mengajak warga masyarakat untuk menyukseskan Gerakan Jaga Kampung untuk peningkatan ketahanan pangan ini, beberapa warga juga telah mengikuti anjuran Kapolsek ini dengan menanami lahan-lahan tidur milik mereka, bahkan kata dia saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kampung Mandiangin untuk mengusahakan pembukaan lahan-lahan tidur yang ada di wilayah Perkampungan itu agar dijadikan lahan pertanian guna meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Kecamatan Minas.

 

"Saya berharap Gerakan Jaga Kampung ini dapat terus berjalan dan dikembangkan, sehingga nantinya berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelasnya saat mengakhiri pembicaraan.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex