Adaptasi Kebiasaan Baru, Upika Minas Monitoring Kesiapan Ponpes Dalam Menerapkan Prokes Covid-19

Senin, 20 Juli 2020 - 18:19:40 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Minas terdiri dari Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi beserta Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos dan rombongan, mereka tampak melakukan monitoring maupun pengecekan persiapan sejumlah pondok pesantren yang ada di Kecamatan Minas dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 baik itu dari segi sarana maupun prasarana pencegahan virus tersebut, hal ini dilakukan sehubungan dengan diberlakukannya program adaptasi kebiasaan baru khususnya di wilayah Kecamatan Minas Kabupaten Siak Riau, Senin (20/07/2020) pagi.

 

Dalam kegiatan itu, jajaran Upika Minas mereka terlihat mengunjungi dua pondok pesantren yang ada, diantaranya Pesantren Aufia Global Islamic Boarding School kecamatan Minas di Jalan Bypass Chevron Rumbai - Minas, Km.10.5 Kelurahan Minas Jaya, kemudian juga Pesantren Baiturrahman AN Nizom di Jalan Lintas Minas Perawang Km.09 Kampung Minas Timur.

 

"Dalam hal ini kita sebatas melakukan monitoring sekolah-sekolah saja, terutama sekolah yang memiliki asrama, disini kita ingin memastikan bahwa sekolah yang memiliki asrama tersebut aman dari penyebaran virus corona, dan kita juga memberikan masukan-masukan bagi sekolah yang mungkin belum lengkap untuk sarana maupun prasarana pencegahan Covid-19, agar ditingkatkan lebih layak lagi," kata Camat Minas H Hendra Adi Nugraha menjawab Wartawan seusai melakukan kegiatan itu.

 

Lanjut Camat Hendra saat ini pihaknya masih melakukan monitoring di dua sekolah pesantren, dan beberapa hari kedepan akan kembali dilanjutkan untuk sekolah-sekolah yang belum terpantau.

 

"Pantauan kita untuk pesantren Baiturrahman An Nizom sudah cukup bagus untuk sarana maupun prasarana pencegahan Covid-19 yang dilakukan oleh pihak pesantren itu, namun untuk pesantren Aufia Global Islamic Boarding School yang di Jalan Bypass sepertinya masih dalam tahap proses perlengkapan, sebab mereka juga masih perdana mereka akan membuka ponpes disana, kemudian yang kami lihat juga anak-anak pun belum ada yang masuk sekolah disana, jadi kegiatan belajar mengajar disana belum ada dimulai," kata dia.

 

Dalam hal ini Camat Hendra, ia pun kembali menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Minas khususnya, dimasa new normal ini dalam aktivitas sehari-hari agar kiranya masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona.

 

"Seperti saat sedang mencari nafkah agar tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, begitu juga saat beribadah kita himbau agar kita menjaga diri masing-masing maupun keluarga masing-masing dari penularan wabah Covid-19 ini, sebagaimana kita sudah banyak tahu cara untuk mengantisipasi penularan virus ini. Selain itu kita juga harus yakin bahwa virus corona ini tidak bisa dianggap remeh, meskipun kita tidak boleh terlalu takut tapi kita juga tetap harus selalu hati-hati," imbuhnya.

 

Sementara itu Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos dia mengatakan, "dalam hal ini kita lakukan monitoring persiapan Pesantren dalam menghadapi program pemerintah Adaptasi kebiasaan baru serta mengajak untuk menerapkan protokol kesehatan pada masa Pandemi Covid 19 di wilayah Kecamatan Minas khususnya," kata dia.

 

"Hasil dari Pengecekan terhadap kesiapan pondok pesantren yang telah kita lakukan kita lihat Pimpinan pondok pesantren telah mengikuti anjuran protokol kesehatan, kemudian  terhadap murid baru masuk dari luar daerah Siak akan dilakukan rapid test terlebih dahulu, dan bagi yayasan yang belum selesai perijinan akan segera mengurus izinnya ke Departemen agama Kabupaten Siak," tukasnya.

 

Dalam kegiatan itu tampak juga ikut mendampingi Camat dan Kapolsek Kepala KUA Minas Subambang Isa Amsari SHi, Kanit IK Polsek Minas Ipda Budiman S Dalimunthe SH, para pimpinan pondok pesantren beserta sejumlah personel Polsek Minas dan Satpol PP Kecamatan Minas.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex