Kadis Ketahanan Pangan Kampar Sosialisasikan OCU MAPAN Di Radio RAMA FM

Rabu, 08 Juli 2020 - 11:38:37 WIB
Share Tweet Google +


KAMPAR, CATATANRIAU.COM | Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir H Cokroaminoto MM, Sosialisasikan OCU MAPAN atau dikenal dengan sebutan “Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan”, di Radio RAMA FM 96,3 MHz, Jalan Dr A Rahmah Shaleh, Kecamatan Bangkinang Kota, hari rabu pagi (08/07/2020). Acara ini dipandu langsung oleh Penyiar terkenal di Kab. Kampar dan sudah berpengalaman belasan tahun di dunia penyiaran yakni Agus Saputra. 

 

Dalam acara tersebut Cokroaminoto mengupas tentang Program OCU MAPAN. Yang mana Salah satu Program terkait dengan Penanggulangan Inflasi Daerah adalah dengan menguatkan ekonomi masyarakat yang mandiri, terutama dari segi penguatan pangan keluarga, salah satu program inovasi Daerah melalui OCU MAPAN ini.
OCU MAPAN diambil dari isltilah kita, OCU itu adalah sebutan atau panggilan di masyarakat Kampar. MAPAN itu adalah situasi atau kondisi suatu keluarga yang sudah dapat memenuhi kebutuhan sendirinya, baik itu kebutuhan pokok, sehari-hari ataupun kebutuhan ekonominya, bahaso ocunya ughang baghado atau ughang kayo.

 

Program dalam OCU MAPAN ini, kita berusaha untuk mengoptimalisasi potensi yang dimiliki oleh Masyarakat Kampar seperti potensi lahan. Potensi lahan ini bisa berupa lahan pekarangan rumah, sekitar pekarangan, lahan kering, lahan sawah atau lahan kebun lainya. Kemudian lahan perikanan, berupa kolam ikan serta juga lahan untuk beternak.

 

Kita juga berusaha dalam mengoptimalisasi Sumber Daya Manusia (SDM), mengingat 800 ribu lebih masyarakat Kampar, yang bekerja di sektor pertanian sekitar 60%. Mulai dari petani, Peternak, dan Perikanan. Kemudian SDM Aparatur Pemerintahan mulai dari dinas terkait, Camat, BPD, Kepala Desa dan Penyuluh Pertanian dilapangan, untuk terus meningkatkan atau mengoptimalkan kinerjanya demi kesejahteraan Masyarakat kita.

 

Kemudian kita terus berusaha mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi. sebagaimana kita ketahui dan kita maklumi, saat ini tersedia teknologi pertanian tepat guna, mulai dari teknologi benih yang bayak jenisnya dan berkualitas,  kemudian pupuk begitu juga, cara bercocok tanam begitu juga, menanam dengan teknologo hidropinik misalnya dan lain sebagainya.

 

Bilamana ketiga hal ini kita lakukan optimalisasinya, Insya Allah akan terwujud MAPAN itu, yaitu “Mandiri Pangan”. Baik dalam bentuk sayur-sayuran, buah-buahan, palawija, jagung, kacang tanah, ikan, daging, telur dan lain sebagainya. Dan kita tidak akan mengeluarkan uang belanja lagi untuk kepasar dalam memenuhi kebutuhan pangan kita. Untuk itu mari kita sukseskan program OCU MAPAN ini dan Salam OCU MAPAN, MAPAN.., MAPAN.., MAPAN…Yeesss…, pungkas Cokroaminoto dengan semangat. (Ocu bundo)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex