Bupati Rokan Hulu H.Sukiman Hadiri Rakor Penanggulangan & Pencegahan Karhutla Provinsi Riau

Selasa, 07 Juli 2020 - 12:31:47 WIB
Share Tweet Google +


ROKANHULU, CATATANRIAU.COM |  Bupati Rokan Hulu H.Sukiman menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulan dan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Gubernur Riau.dan Forkompinda, di Balai Dang Merdu, Menara Bank Riaukepri, Jl Jend. Sudirman Pekanbaru, Senin (6/7/2020).

 

Usai menghadiri acara tersebut,H.Sukiman langsung menghubungi media center Diskominfo Rokan Hulu melalui via telefon selulernya.
H.Sukiman menyampaikan
Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru terhitung Juli hingga September 2020 mendatang, Riau sudah memasuki musim kemarau."Ungkapnya.

 

Tambahnya lagi,Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) akan mengambil langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya Karhutla di Negeri Seribu Suluk,"Tambahnya.

 

Bupati H.Sukiman juga menghimbau agar semua pihak dan stakeholder jangan lengah dan perlu sedini mungkin untuk melakukan antisipasi dan langkah guna upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Negeri Seribu Suluk."Imbuhnya.

 

Karena sebentar lagi akan menghadapi musim kemarau panjang, saya mengimbau dan mengajak kepada masyarakat, Camat, Kepala Desa dan Korporasi semuanya ikut bersama-sama siap siaga antisipasi Karhutla, dengan harapan didaerah kita itu jangan sampai terjadi Karhutla,” Kata H.Sukiman.

 

Lanjutnya, Ia juga berharap kepada masyarakat Rohul jika membuka lahan untuk berkebun ikuti aturan Pemerintah, terutama jangan membuka kebun atau lahan dengan cara membakar sesuai yang di sampaikan di pesankan oleh Bapak Gubernur biar ngak ada yang sampai melanggar Hukum, karena ada sanksinya nanti."Harapnya.

 

H.Sukiman juga mengaku akan menyusun langkah yang harus dilakukan dalam mengantisipasi Karhutla ini di Kabupaten Rohul. “Namun kita tetap fokus untuk melakukan sosialisasi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat baik itu aturan hukum serta kerugian yang dialami jika terjadinya kebakaran ini,"ujarnya.

 

Bupati Rokan Hulu juga minta semua Korporasi ikut terlibat dalam upaya mencegah serta menangani Karhutla. Lahan konsesi perkebunan saya minta agar menyiapkan alat berat serta dipasang dan diaktifkan alat deteksi dini untuk Karhutla,” Pintanya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex